Panduan Lengkap Pendaftaran Beasiswa Gratis S2 dan S3 LPDP 2024

Monday, 8 January 2024
Panduan Lengkap Pendaftaran Beasiswa Gratis S2 dan S3 LPDP 2024
Panduan Lengkap Pendaftaran Beasiswa Gratis S2 dan S3 LPDP 2024

HALLO.DEPOK.ID - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 membuka pintu kesempatan bagi para pelajar Indonesia untuk meraih gelar S2 dan S3 secara gratis, baik di dalam maupun luar negeri.

Beasiswa LPDP bukan hanya memberikan akses pendidikan tinggi, tetapi juga memberikan berbagai manfaat bagi para penerima, dibagi dalam empat kategori: targeted, afirmasi, umum, dan kolaborasi.

Cara Daftar Beasiswa LPDP 2024

  1. Akses Laman Pendaftaran: Pendaftar dapat melakukan pendaftaran melalui laman resmi LPDP di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.
  2. Klik Bagian Beasiswa LPDP: Setelah masuk ke laman pendaftaran, klik pada bagian "Beasiswa LPDP".
  3. Buat Akun Baru: Jika belum memiliki akun, pendaftar dapat membuat akun baru dengan mengklik opsi "Belum punya akun? Buat akun disini" dan mengisi formulir yang tersedia.
  4. Isi Formulir Pendaftaran: Setelah membuat akun, pendaftar akan diminta mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan sesuai.
  5. Buat Akun: Setelah mengisi formulir, pendaftar dapat mengklik tombol 'buat akun'.

Harap diingat bahwa satu orang pendaftar hanya boleh memiliki satu akun untuk memastikan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca Juga: Lowongan Kerja BPJS Kesehatan 2024 dibuka Hingga 28 Februari
   
Syarat Umum Beasiswa LPDP 2024

Beasiswa LPDP memiliki berbagai jenis yang melibatkan berbagai latar belakang dan profesi.

Namun, secara umum, berikut adalah syarat umum yang perlu diketahui untuk pendaftaran beasiswa LPDP 2024:

  1. 1. Warga Negara Indonesia (WNI): Pendaftar harus menjadi WNI.
  2. Gelar Sarjana atau Diploma 4: Untuk beasiswa magister, pendaftar harus telah menyelesaikan studi sarjana (S1) atau diploma empat (D4). Pendaftar yang sudah memiliki gelar magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister.
  3. Penyetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Luar Negeri: Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri, pendaftar harus melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
  4. Tidak Sedang Menempuh Studi (On Going): Pendaftar tidak boleh sedang menempuh studi magister atau doktor, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.
  5. Tidak Menerima Beasiswa Ganda: Pendaftar tidak boleh mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.   

Dengan membuka pendaftaran pada 11 Januari 2024, LPDP memberikan kesempatan emas bagi para pelajar Indonesia untuk mengejar gelar S2 dan S3 secara gratis.

Dengan mengikuti panduan pendaftaran dan memahami syarat-syarat yang ditetapkan, setiap individu memiliki potensi untuk meraih pendidikan tinggi berkualitas dan meraih manfaat luar biasa dari program beasiswa ini.

Baca Juga: Lowongan Kerja PT Djarum NTT, Computer User Support di Gaji Rp7.2 Juta

Pentingnya Pendanaan Pendidikan:

Investasi pemerintah, seperti yang diumumkan sebelumnya, memastikan ketersediaan dana sebesar Rp25 triliun untuk pendidikan, termasuk dukungan terhadap LPDP.

Dengan demikian, pendidikan tinggi tidak hanya diakses oleh segelintir orang tetapi juga menjadi peluang terbuka bagi banyak orang, membawa harapan dan perubahan bagi masa depan Indonesia.

Dengan memahami proses pendaftaran dan syarat-syaratnya, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan masa depan cerah melalui pendidikan tinggi. ***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: depok.hallo.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini