Pandemi Covid-19 di Indonesia Segera Berakhir? Ini Penjelasan Epidemiolog UI

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Pandemi Covid-19 di Indonesia Segera Berakhir? Ini Penjelasan Epidemiolog UI

JAKARTA, INDONESIATODAY.CO.ID - Pandemi Covid-19 di Indonesia diprediksi segera berakhir. Hal ini disampaikan epidemiolog Dr Pandu Riono dari Universitas Indonesia (UI), meski kapan waktunya belum bisa dipastikan kapan.

Baca Juga : WHO Rilis Pedoman Penanganan Akhiri Pandemi Covid-19, Bisa Diterapkan Indonesia

"Jadi harus percaya diri dan harus optimistis bahwa sudah semakin dekat, sudah di depan mata. Itu metafora nggak ada yang berani bilang nanti Desember (status pandemi Covid-19 akan dicabut)," kata Pandu dalam Meet The Expert: Kapan Pandemi Berakhir? secara online, Jumat (23/9/2022)

Sebagaimana diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini menyebut akhir pandemi sudah di depan mata meski belum benar-benar berakhir. Namun, tentu semua itu tak akan terwujud tanpa usaha nyata mengenjot vaksinasi, menerapkan gaya hidup sehat serta disiplin Prokes. 

Baca Juga : Covid-19 Terus Lahirkan Varian Baru, Begini Penjelasan IDI

"Tidak bulan ini dan tidak bulan depan, tapi tahapannya ada. Salah satu usaha yang kita lakukan adalah supaya pembatasan aktivitas masyarakat sebagai intervensi pengendalian pandemi tidak lagi diperlukan karena produktivitas tinggi dan kita bisa menuntaskan untuk memperkuat penduduk berisiko," ujar Dr Pandu Riono, MPH,Ph.D. 

"Dengan demikian, kalau kondisi ini lancar, Presiden akan bisa mencabut status darurat kesehatan masyarakat dan status darurat bencana non alam," ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan ada peluang status pandemi Covid-19 berakhir lebih dulu di Indonesia dibandingkan di negara-negara lain yang mengacu pada keputusan WHO.

Editor : Andre Purwanto

Sumber : celebrities.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini