Operasi Pasar LPG 3 kilo Gelontorkan  12 Ribu Tabung

Wednesday, 17 January 2024
Operasi Pasar LPG 3 kilo Gelontorkan  12 Ribu Tabung
Operasi Pasar LPG 3 kilo Gelontorkan  12 Ribu Tabung

BALIKPAPAN – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menggelar Operasi Pasar (OP) di enam kecamatan dan 22 kelurahan se-Kota Balikpapan pada tanggal 13 dan 14 Januari 2024 dengan melibatkan 11 agen.

Baca Juga: Operasi Pasar LPG 3 Kg Diserbu Warga, Tiap Kelurahan Dijatah 560 Tabung

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, selain di kota Balikpapan, OP LPG Kilo secara bersamaan juga dilaksanakan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Untuk kota Balikpapan dari 12.320 tabung yang disiapkan, terealisasi sekitar 11.771 dan sisanya diserahkan agen ke pangkalan sebagai stok di lapangan.

Sedangkan di Kabupaten Penajam Paser Utara, pelaksanaan OP dialokasikan sebanyak 2.240 tabung dan tersalurkan sebanyak 1.059 tabung.

“Berdasarkan hasil OP yang dilaksanakan baik di Kota Balikpapan maupun di Kabupaten PPU, terlihat bahwa kondisi pasokan di lapangan atau di masyarakat sudah terpenuhi, hal ini ditandai dengan tidak habisnya alokasi yang disiapkan dalam OP tersebut,” kata Arya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/1).

Operasi pasar ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan komitmen Pertamina untuk memastikan distribusi LPG 3 Kilogram tepat sasaran dan terkoordinasi serta menjaga ketersediaan pasokan.

Kemudian menerapkan harga sesuai Harga Eceren Tertinggi (HET) setempat dan memastikan aksesibilitas produk bagi masyarakat Balikpapan dan Penajam Paser Utara.

Seperti diketahui, sesuai keputusan pemerintah bersama Pertamina menetapkan per 1 Januari 2024 yang dapat membeli LPG Kilogram hanya masyarakat yang terdaftar.

Masyarakat pun dihimbau untuk dapat mendaftarkan diri menggunakan KTP kepada sub-penyalur atau pangkalan resmi untuk memperoleh LPG subsidi 3 Kilogram.

“Kami imbau kepada masyarakat sasaran yang hendak memperoleh LPG Subsidi untuk mendaftarkan diri menggunakan KTP dan membeli LPG 3 Kilogram di pangkalan resmi Pertamina. Diimbau juga kepada masyarakat dengan ekonomi mampu serta usaha-usaha yang tidak memenuhi ketentuan penggunaan LPG bersubsidi untuk dapat membeli LPG non nubsidi yaitu Bright Gas 5,5 Kilogram atau 12 Kilogram,” imbuhnya.

Sebagai sub holding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga akan terus berkomitmen memastikan kelancaran distribusi energi kepada masyarakat.

Baca Juga: Pertamina Klarifikasi Stok dan Kuota LPG 3 Kg, Harga Tetap Rp 19 Ribu, Ancam Beri Sanksi ke Pangkalan yang Langgar Aturan

“Bagi konsumen yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait proses bisnis Pertamina Patra Niaga termasuk jika masyarakat ingin memberikan informasi terkait ketersediaan LPG subsidi di lapangan dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina,” ucapnya.(fredy janu/kpfm)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: balpos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini