Nanti Malam Anies, Prabowo dan Ganjar Akan Berdebat Terkait Masalah Keamanan dan Politik LN

Sunday, 7 January 2024
Nanti Malam Anies, Prabowo dan Ganjar Akan Berdebat Terkait Masalah Keamanan dan Politik LN
Nanti Malam Anies, Prabowo dan Ganjar Akan Berdebat Terkait Masalah Keamanan dan Politik LN

SINAR HARAPAN--Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan debat Capres seri yang ketiga pada Minggu (7/12/2024) malam nanti di Istiora Senayan Jakarta. Acara =debat ini akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi.

Debat Capres nanti akan membahas masalah pertahanan dan keamanan nasional, geopolitik, hubungan internasional, dan globalisasi. M+ateri pembahasan masalah ini akan sangat menarik diikuti. Publik akan mengetahui wawasan, visi dan misi para Capres dalam memposisikan Indonesia di kancah global.

Akan bertindak sebagai moderator adalah Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Sedangkan panelisnya terdiri 11 ahli dari berbagai pergutuan tinggi dan lembaga penelitian.

Baca Juga: Anies: Biarkan Publik Menilai Terkait Panelis Debat Ketiga dari Universitas Pertahanan

Ketiga Capres --Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo-- akan menjelaskan pandangan dan argumentasi mereka terkait pokok bahasan tersebut.

Beberapa pihak memperkirakan Capres Prabowo Subianto akan mengungguli dua pesaingnya, mengingat karier dan pengalaman Capres nomor urut 2 itu selama ini. Apalagi, kini Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI.

Wakil Ketua TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Raja Juli Antoni, memprediksi Prabowo akan mendominasi jalannya debat pilpres ketiga. Dia mengatakan Prabowo begitu menguasai tema debat pilpres ketiga ini.

Namun demikian,  seperti pada debat pertama, publik akan melihat sejauhmana seorang kandidat diharapkan mampu menjelaskan wawasan, gagasan dan pemikirannya dengan jelas. Selain itu, dalam debat terbuka juga akan dilihat sejauhmana para calon pemimpin itu mampu mengendalikan emosinya.

Baca Juga: Debat Ketiga Capres Besok Malam Bisa Pengaruhi Swingvoters Untuk Tentukan Pilihan

Hal ini sangat penting karena akan langsung dibaca dan ditakar oleh pemirsa televisi.  Jadi dalam debat tidak hanya dilihat dari sisi penguasaan materi, melainkan juga cara penyampaian, sikap dan emosi para Capres.

Pada debat pertama yang lalu, public langsung memberikan penilaian terhadap penampilan para Capres, baik melalui polling, media sosial maupun survey yang diselenggarakan oleh lembaga riset.

Beberapa lembaga survey mencatat adanya perubahan pada posisi swingvoters yang menurun setelah debat tersebut. Para calon pemilih yang semula belum menentukan pilihan, kemudian menetapkan pilihan mereka setelah menyaksikan deba Caprres tersebut.

Visi dan Misi

Ketiga Capres pernah menyampaikan gagasan dan pemikirannya mengenai politik luar negeri Indonesia bila terpilih menjadi Presiden dalam forum yang digelar pada November 2023 lalu oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Di hadapan sejumlah audiens, termasuk duta besar negara sahabat yang aktif bertanya, ketiga capres tersebut memaparkan visi politik luar negerinya bila terpilih dalam Pilpres 2024.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: sinarharapan.co

Komentar

Artikel Terkait

Terkini