Miris! 266 Ribu Orang di Medan Tunggak Iuran BPJS Kesehatan, Nominalnya Capai Rp258 Miliar

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Miris! 266 Ribu Orang di Medan Tunggak Iuran BPJS Kesehatan, Nominalnya Capai Rp258 Miliar

MEDAN, INDONESIATODAY.CO.ID - Sebanyak 266.654 orang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Medan, Sumatera Utara, menunggak pembayaran iuran ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Nilai tunggakannya mencapai Rp258,19 miliar.

Baca Juga : Cara Mengganti Nomor Handphone yang Sudah Terdaftar di BPJS Kesehatan, Mudah! 

"Itu ada per 1 September 2022. Jumlah penunggak mencapai 266.654 orang dengan nilai tunggakan Rp258,19 miliar," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan Sari Quratul Aini, Rabu (21/9/2022).

Jumlah peserta yang menunggak iuran itu berkurang secara signifikan jika dibandingkan dalam empat bulan terakhir, di mana sebelumnya jumlah peserta yang menunggak mencapai lebih dari 280 ribu orang.

Baca Juga : 3 Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, Wajib Tahu!

Salah satu pendorong yang menyebabkan berkurangnya jumlah penunggak adalah program rencana iuran bertahap (rehab) yang disediakan BPJS Kesehatan. Dimana lewat program itu, peserta segmen informal yang memiliki tunggakan iuran lebih dari tiga bulan hingga dua tahun bisa membayar tunggakan itu dengan cara mencicil.

"Lewat aplikasi JKN, peserta yang menentukan sendiri berapa kesanggupannya untuk mencicil tunggakan per bulan. Apakah enam kali atau berapa kali," tuturnya.

Baca Juga : Menko PMK Minta Seluruh Masyarakat jadi Peserta BPJS Kesehatan, Minta Kepala Desa Pro Aktif

Jumlah peserta JKN/KIS di Medan pada awal September 2022 lalu tercatat sebanyak 2.340.102 orang. Itu merupakan 92,6 persen dari total penduduk yang mencapai 2.527.059 orang.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Sumber : celebrities.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini