Mengenal Sosok AKP Rita Yuliana, Sosok Polwan yang Viral di Media Sosial

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Mengenal Sosok AKP Rita Yuliana, Sosok Polwan yang Viral di Media Sosial

AKP Rita Yuliana mendadak jadi perbincangan di media sosial. Namanya pun masuk dalam jajaran trending dalam pencarian Google pada Senin (18/7/2022) lalu. Polwan yang bertugas di Polda Metro Jaya ini ikut jadi sorotan di tengah bergulirnya kasus penembakan di rumah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Irjen Ferdy Sambo. Dirinya disebut-sebut memiliki kaitan dengan Ferdy Sambo. Pada akhirnya banyak yang penasaran dengan sosoknya. Simak profilnya berikut ini!

Artikel terkait : Sering Disebut Menantu Idaman, Berapa Gaji Polisi Indonesia Beserta Tunjangannya?

Profil  AKP Rita Yuliana

Sumber : Twitter

Rita Yuliana berasal dari Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia  lahir di Selong, Lombok Timur pada 1 Juli 1992 silam. Pemilik nama lengkap Rita Sorcha Yuliana ini terbilang bukan sosok sembarangan. Dia memiliki kemampuan bahasa asing yang baik terutama dalam berbahasa mandarin. Dirinya dikenal sebagai sosok polisi perempuan yang cantik, berprestasi, dan berpangkat Ajun Komisaris Polisi, yakni  perwira pertama tingkat tiga di Kepolisian Republik Indonesia. 

Artikel terkait : Viral foto polisi video call dengan anaknya saat kerusuhan semalam, netizen terenyuh

Kiprahnya di Dunia Kepolisian

Sumber : Twitter

Rita merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2013. Usai lulus dirinya langsung bertugas di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kemudian dirinya ditempatkan di Lombok Timur hingga berhasil menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Timur.

Perempuan asal NTB ini juga pernah bertugas di Subdit IV Ditreskrimum Polda NTB. Salah satu pencapaiannya saat menjabat di sana adalah berhasil mengungkapkan kasus penari striptis di Metzo Executive Club dan Karaoke Lombok di Kawasan Wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat.

Kemudian pada 24 Desember 2021, AKP Rita dimutasi ke Polda Metro Jaya melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2604/XII/KEP.2021. Sampai saat ini Rita menjabat sebagai Panit Subdit I Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Secara otomatis dirinya menjadi anak buah  Irjen Fadil Imran.

Artikel terkait : Kisah Anak Sopir Angkot Jadi Polisi: ”Saya Ingin Mengubah Ekonomi Keluarga”

AKP Rita Yuliana Memiliki Banyak Prestasi 

Sumber : Twitter

Selain memesona, dirinya merupakan sosok yang berprestasi. Ia menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang memperoleh beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, China pada  2018. Program tersebut diperuntukan untuk petugas penghubung internasional dengan spesialisasi bahasa Mandarin. Pendidikan dini diikuti oleh diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia, dan Afrika. 

Kemahiran berbahasa Mandarinnya bukan main-main dengan mendapat sertifikat Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). HSK merupakan ujian standardisasi kemahiran berbahasa Mandarin bagi penutur asing dengan target cukup mencapai HSK level 3. Namun, AKP RIta berhasil melampauinya dengan meraih HSK level 4. 

Rita Yuliana juga pernah mendapatkan penghargaan dari Kapolda NTB. Penghargaan itu diraihnya saat bertugas di Lombok Timur.  Kala itu Rita menjabat sebagai Kasat Lantas dan menginisiasi pembuatan gerai vaksin di layanan Satpas SIM Polres Lombok Timur. Gagasan ini merupakan yang pertama di Indonesia dan menjadi role model di seluruh Kepolisian RI. Ide cemerlang ini pun membuat Irjen M Iqbal Kapolda NTB kala itu memberi Rita penghargaan. 

Nah, itulah sosok AKP Rita Yuliana yang jadi perbincangan hangat dan trending di Google. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Parents!

***

Baca juga :

Balita Tewas Terkena Peluru di Intan Jaya, Begini Kronologinya

10 Ciri Abdi Negara Gadungan, Waspada Jangan Sampai Tertipu

Ingin Belikan Kado Ulang Tahun Istri, Pria Ini Tertembak Demi Lindungi Anaknya

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini