Marketing Summit, Ratusan Pejuang Literasi Berkumpul di Jogja

Sunday, 4 February 2024
Marketing Summit, Ratusan Pejuang Literasi Berkumpul di Jogja
Marketing Summit, Ratusan Pejuang Literasi Berkumpul di Jogja

YOGYAKARTA, indonesiatoday.co.id - Mandira.id selaku distributor buku premium dari penerbit Mizan menggelar acara Marketing Summit Growing in Harmony di Hotel Tentrem Yogyakarta pada 3-4 Februari 2024. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi bagi para pejuang literasi

CEO Mandira, Indra Gunawan Supangkat mengungkapkan, standar literasi di Indonesia saat ini kondisinya mengkhawatirkan sehingga acara semacam ini penting untuk diadakan.
Berdasarkan data Unesco pada tahun 2016, dari seribu penduduk, hanya satu orang yang secara aktif membaca. 
 
"Indonesia sekarang berada di tengah situasi darurat literasi yang kurang baik. Perlu tindakan bersama untuk merespon dan menyelesaikan tantangan ini," ujarnya.
 
Dalam konteks ini, program pejuang literasi hadir sebagai jawaban untuk mengatasi darurat literasi. Data menunjukkan hanya 9 dari 34 provinsi di Indonesia yang dapat dikategorikan memiliki tingkat aktivitas literasi sedang, sementara sisanya terjebak dalam kategori rendah dan sangat rendah. Hal ini menggambarkan bahwa 
CEO Mandira, Indra Gunawan Supangkat mengungkapkan, standar literasi di Indonesia saat ini kondisinya mengkhawatirkan sehingga acara semacam ini penting untuk diadakan.
Berdasarkan data Unesco pada tahun 2016, dari seribu penduduk, hanya satu orang yang secara aktif membaca. 
 
"Indonesia sekarang berada di tengah situasi darurat literasi yang kurang baik. Perlu tindakan bersama untuk merespon dan menyelesaikan tantangan ini," ujarnya.
 
Dalam konteks ini, program pejuang literasi hadir sebagai jawaban untuk mengatasi darurat literasi. Data menunjukkan hanya 9 dari 34 provinsi di Indonesia yang dapat dikategorikan memiliki tingkat aktivitas literasi sedang, sementara sisanya terjebak dalam kategori rendah dan sangat rendah. Hal ini menggambarkan bahwa tantangan literasi bukan hanya menjadi masalah regional, tapi juga menjadi tanggung jawab bersama untuk melakukan perubahan. 
 
"Bergabung dalam gerakan ini berarti ikut serta dalam mengubah paradigma literasi di Indonesia.  Bersama-sama membangun minat baca yang kuat, mendorong literasi di setiap lapisan masyarakat dan membentuk fondasi kuat untuk generasi yang lebih cemerlang," kata Indra.
 
 
Agenda Marketing Summit ini tidak hanya menyatukan ratusan praktisi dan ahli pemasaran, tapi juga membentuk aliansi strategis untuk mendukung program pejuang literasi. "Dengan merangkul peran masing-masing dalam industri, kita pada menjadikan literasi sebagai pilar utama pembangunan bangsa," tambahnya.
 
Dengan 60 persen dari target pembaca Indonesia, Mandira.id menghadirkan buku anak premium. Hal ini menjadi menarik karena literasi memang harus dipupuk sejak dini. Sepanjang tahun 2023, Mandira.id berhasil melakukan sebanyak 50.000 transaksi. 
 
Diungkapkan Indra, merebaknya Covid menjadikan masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan minat baca pun meningkat. Pada saat itu, Mandira.id melakukan layanan berupa platform digital untuk memudahkan masyarakat dalam membeli buku. 
 
 
“Karena penjualan yang meningkat itu makanya kita memberikan apresiasi dalam bentuk pertemuan tahunan pada pejuang literasi dari seluruh Indonesia," ujarnya.
 
Acara ini menghadirkan Indrijati Rahajoe sebagai pembicara sesi sharing. Chief HR & CI Officer Prudential Indonesia itu menguraikan tentang kepemimpinan. Salah satu konsep leadership yang dia jadikan contoh adalah OAR yakni observed, action, dan result. 
 
Dia juga menekankan kepada para marketing tentang pentingnya bahasa tubuh saat berkomunikasi. Hasil riset menyebutkan bahasa tubuh menempati porsi hingga 58 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan pemilihan kalimat dan ekspresi. 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kedu.suaramerdeka.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini