Marak Pengrusakan APK, Caleg Berharap Ada Tindakan Tegas dari Bawaslu dan Kepolisian

Monday, 25 December 2023
Marak Pengrusakan APK, Caleg Berharap Ada Tindakan Tegas dari Bawaslu dan Kepolisian
Marak Pengrusakan APK, Caleg Berharap Ada Tindakan Tegas dari Bawaslu dan Kepolisian

indonesiatoday.co.id - Aksi pengrusakan Alat Peraga Kampanye (APK) oleh oknum tak bertanggungjawab di Kabupaten Bondowoso mulai marak dilakukan seiring dengan berjalannya masa kampanye Pemilu 2024.

Bersarkan pantauan di Dapil 1, APK yang dipastikan memang sengaja dirusak oleh orang tak dikenal hampir terjadi setiap Desa. Diantara seperti di Desa Pancoran, Tangsil, Wonosari, Kasemek hingga Kelurahan Kota Kulon.

Bukan hanya milik salah seorang Caleg dari Partai tertentu. APK dengan kondisi rusak ringan hingga rusak parah nyatanya terjadi pada milik beberapa Partai. Diantara seperti PKB, Nasdem, Gelora, PPP dan Golkar.

Baca Juga: Enam Siswa Sabet Juara Nasional, Kepala SMKN 1 Klabang Tegaskan Siswa Juara Aksi Nyata Bela Negara

Baca Juga: Arti Mimpi Memetik Berbagai Buah Jambu, Salah Satunya Bermakna Kekayaan

Atas persoalan tersebut, salah seorang Celeg Dapil 1 dari PKB Nomor 8, Yusuf Kusmantriono, berharap ada atensi serius dari Bawaslu yang memiliki kewajiban mengingatkan seluruh peserta pemilu untuk tidak melakukan perusakan atau penghilangan APK. Juga kepada pihak Kepolisian untuk mengusut dan mengambil tindakan tegas kepada para pelaku pengrusakan APK.

"Sebab jika dibiarkan, disamping kita sebagai Caleg sangat dirugikan, juga sangat berpotensi menimbulkan perselisihan di tengah-tengah masyarakat," tegasnya

Yusuf sebagai salah seorang Caleg ingin Pemilu 2024 berjalan sukses dan kondusif. Oleh sebab itu, persaingan dalam mendulang dukungan dari masyarakat lewat masa kampanye harus berjalan dengan adil tanpa ada perbuatan vandalime AKP.

Baca Juga: Mobil Polisi yang Dituding Dipakai Untuk Antivitas Proyek Ternyata Sedang Dites Drive Montir

Baca Juga: Lima Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat Anak, Emak-Emak Harus Tau

Sementara Komisioner Bawaslu Kabupaten Bondowoso Devisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi, Ismaili, M. Pd, menilai kasus pengrusakan AKP menjadi indikasi bahwa ada indek kerawan Pemilu yang perlu diselesaikan bersama-sama baik dengan partai politik sebagai peserta Pemilu dan pihak Kepolisian.

"Tentu kita terima sebagai informasi awal. Kita Bawaslu akan terus memberikan edukasi para peserta Pemilu dan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian agar tercipta Pemilu yang kondusif," imbuhnya.

Terkait penindakan, Ismaili menjelaskan jika ada Caleg yang merasa APK-nya dirusak, maka dalam laporannya kepada Bawaslu harus melengkapi syarat formil dan materiilnya. Berupa data pelapor dan terlapor berikut dengan bukti-bukti pendukung dan saksi-saksinya.

Baca Juga: Ternyata Arti Mimpi Melihat Udang Bertanda Positif Bagi Kehidupan

Baca Juga: Gelar Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Ini Pesan Ketua Bawaslu Bondowoso

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: ijenindonesia.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini