Mantap! Dapat Kucuran Dana Investasi 2 T Tahun 2024: Danau Toba Mau di Bangun Apa?

Sunday, 7 January 2024
Mantap! Dapat Kucuran Dana Investasi 2 T Tahun 2024: Danau Toba Mau di Bangun Apa?
Mantap! Dapat Kucuran Dana Investasi 2 T Tahun 2024: Danau Toba Mau di Bangun Apa?

indonesiatoday.co.id Danau Toba, sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas, terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah.

Berita terbaru, proyek Toba Caldera Resort (TCR) di Ajibata, Kabupaten Toba telah mendapatkan investasi sebesar 2 Triliun dari investor dalam dan luar negeri.

Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPOD) menyampaikan, pembangunan akan kawasan TCR dilaksanakan bertahap dan tahap awal akan dimulai pada semester pertama tahun 2024.

Baca Juga: Prediksi Pakar Politik di Debat Capres ke-3: Anies dan Ganjar Menyerang, Prabowo Bertahan

Pada tahun 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bahwa Toba Caldera Resort, yang dikelola oleh Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT), akan menerima investasi dari dua investor tambahan.

Menparekraf Sandiaga menyatakan hal tersebut ketika menyaksikan kesepakatan dua kerja sama terbaru antara BPODT dan para investor, yakni TOCA Resort dan Mitra Jaya.

Dalam kerja sama tersebut, disepakati bahwa TOCA Resort akan memulai pembangunan fasilitas tambahan berupa 20 unit akomodasi pada Lebaran 2024.

Sementara itu, Mitra Jaya diharapkan akan membangun fasilitas akomodasi ramah lingkungan pada akhir semester pertama atau Juni 2024 untuk mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

Baca Juga: Ini Sederet Fakta Dibalik Drama Penangkapan Saipul Jamil Terkait Dugaan Kasus Narkoba: Nomor 3 Bikin Aman

Jimmy Bernando Panjaitan, selaku Direktur Utama BPODT, mengungkapkan bahwa hingga saat ini, nilai total investasi di Toba Caldera Resort yang telah masuk mencapai Rp2 triliun.

Jumlah ini mencakup investasi yang telah dilaksanakan dan yang masih dalam proses, termasuk komitmen baru dari TOCA Resort sekitar Rp100 miliar dan Mitra Jaya sekitar Rp500 miliar.

"Kalau di total semua investasi yang sudah masuk didapat mencapai Rp2 triliun," kata Jimmy.

Sebagai informasi, Danau Toba sendiri masuk dalam 5 destinasi super prioritas yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jelang Debat Capres Ketiga, Prabowo dan Jokowi Makan Malam Bersama: Susun Rencana?

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini