Mahfud MD: Pancasila Sebagai Tempat Kembali Setiap ada Ancaman di NKRI

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Mahfud MD: Pancasila Sebagai Tempat Kembali Setiap ada Ancaman di NKRI

INDONESIATODAY.CO.ID Hari Ini, 1 Oktober masyarakat Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Menkopolhukam Mahfud MD memberikan penjelasan mengenai makna 'Kesaktian Pancasila'. 

"Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Apa arti kesaktian Pancasila (Pancasila sakti) itu? Artinya Pancasila selalu menjadi tempat kembali dan kesepakatan sebagai ideologi negara setiap ada ancaman bagi NKRI," kata Mahfud dikutip langsung dari akun twitter pribadinya @mohmahfudmd, pada Sabtu (1/10/2022). 

"Pancasila sering diuji dan ditentang tapi selalu menang. Itu arti Pancasila sakti," sambung dia. 

Adapun, kata Mahfud, setidaknya ada empat peristiwa yang menggambarkan kesaktian Pancasila. Mulai dari sejarah, pemberontakan, hingga penyelenggaraan pemilu. 

"Kesaktian Pancasila, minimal, bisa dicatat dalam 4 hal: 1) Melalui debat filosofi di BPUPK dan PPK (1945) kesepakatannya adalah Pancasila; 2) Melalui perkawanan fisik oleh DI/TII, PKI, RMS, dll yang menang Pancasila; 3) Melalui prosedur konstitusional (pemilu) pilihannya tetap Pancasila," ucap Mantan Hakim MK itu. 

Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun, menurut Mahfud, Pancasila dapat dijadikan sebagai penyelesaian kala masyarakat tengah berselisih ataupun menghadapi konflik. 

"Yang penting kita perhatikan adalah meningkatkan penghayatan atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tukas dia. 

Sebagai informasi, Hari Kesaktian Pancasila adalah hari peringatan peristiwa penculikan dan pembunuhan tujuh Jenderal Angkatan Darat (AD) oleh G30S pada 1 Oktober 1965.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila berbeda dengan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan upaya Presiden Soeharto untuk menegaskan ideologi Pancasila di Indonesia tidak bisa diganti dengan ideologi apapun.[]

SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA. Apa arti kesaktian Pancasila (Pancasila sakti) itu? Artinya Pancasila selalu menjadi tempat kembali dan kesepakatan sbg ideologi negara setiap ada ancaman bg NKRI. Pancasila sering diuji dan ditentang tp selalu menang. Itu arti Pancasila sakti.

— Mahfud MD (@mohmahfudmd) October 1, 2022

Sumber : akurat.co
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini