Mahfud MD Dorong Pekerja Migran Depok tak Golput Saat Pemilu 2024

Friday, 22 December 2023
Mahfud MD Dorong Pekerja Migran Depok tak Golput Saat Pemilu 2024
Mahfud MD Dorong Pekerja Migran Depok tak Golput Saat Pemilu 2024

indonesiatoday.co.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menghadiri acara International Migrant Day yang di gelar di The Margo Hotel, Jalan Margonda, Depok, Rabu (20/11).

Pada kesempatan itu Mahfud MD menjelaskan, Indonesia telah melakukan prinsip Pemilahan Umum (Pemilu) Inklusif, yaitu membolehkan pemilahan suara dari luar negeri bersama 115 negara lain.

"Dengan adanya panitia pemilihan luar negeri, maka PMI memiliki hak dan difasilitasi diluar negeri," jelas Mahfud MD.

Baca Juga: Kota Depok Masuk Empat Besar Kemiskinan Terendah di Indonesia, Begini Penjelasan Wakil Walikota Imam Budi Hartono

Dia mengingatkan Pemilu 2024 tinggal dua bulan lagi, maka dari itu Mahfud meminta kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk tidak golput pada Pemilu nanti.

"Saya mendorong agar PMI semuanya melalui saudara-saudara bisa menggunakan hak pilihnya tersebut. Rugi besar kalau Golput atau tidak menggunakan hak pilihnya," ujar Mahfud MD.

Mahfud juga mengimbau kepada (PMI) untuk memilih para calon pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap para Pekerja Migran Indonesia.

Baca Juga: Mobil Boks Tertimpa Truk di Depok, Begini Kronologisnya

"Maka saya serukan, silahkan memilih para calon yang menurut PMI mempunyai kepedulian terhadap PMI," tutup Mahfud MD.

Sementara itu, Disnaker Kota Depok mencatat, P3MI telah memberangkatkan sekitar 200 pekerja migran asal Depok ke sejumlah negara dalam dua tahun belakangan ini.

Kepala Disnaker Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, terdapat 282 pekerja migran asal Depok yang diberangkatkan ke luar negeri dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga: YMPAI Turunkan Tingkat Stres ODHIV, Ini yang Dilakukan

"Total 282 orang pekerja migran asal Depok selama dua tahun terakhir," ungkap Sidik Mulyono.

Sidik Mulyono merincikan, terdapat 162 pekerja asal Depok yang diberangkatkan ke luar negeri pada Tahun 2022. Berdasarkan data terakhir, 120 pekerja migran asal Depok telah berangkat ke luar negeri hingga 17 Oktober 2023.

"Tahun 2022 terdapat total 162 pekerja migran asal Depok yang diberangkatkan. Sementara, Tahun 2023 sampai tanggal 17 oktober sejumlah 120 pekerja migran yang telah diberangkatkan," jelas Sidik Mulyono.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: radardepok.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini