Lebih Aman untuk Kesehatan, Galon Air Minum Berbahan PET Diminati Warga Manado

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Lebih Aman untuk Kesehatan, Galon Air Minum Berbahan PET Diminati Warga Manado

INDONESIATODAY.CO.ID - Galon Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berwarna biru lebih cerah mulai banyak ditemui di toko-toko dan retail di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Jenis galon ini berasal dari produsen AMDK market leader yang mulai melakukan peralihan ke kemasan Polietilena Tereftalat (PET), di mana Manado dan Bali menjadi daerah percontohan untuk peluncuran galon berwarna biru lebih cerah tersebut.

Bahan PET yang terkandung dalam galon berwarna biru lebih cerah dari kemasan lama tersebut menjadi pilihan untuk jenis galon AMDK baru. Material ini telah dinyatakan secara internasional sebagai kemasan paling aman dan sangat mudah didaur ulang.

Keberadaan galon berwarna biru lebih cerah dari yang lama tersebut ternyata cukup berhasil menarik minat warga, membuatnya banyak diburu oleh masyarakat sekitar Manado.

Dian, seorang Karyawan Retail di Mapanget menyebutkan bahwa galon AMDK biru cerah ini memiliki harga yang sama dengan kemasan lama.

"Harganya sama Rp20 ribu, tapi yang biru cerah cepat habis, makanya kelihatan sedikit," katanya, Selasa (6/9/2022).

Yang menarik, meski ditawarkan dalam harga yang sama dengan jenis galon AMDK biasa yang berbahan plastik polikarbonat, ternyata galon berwarna biru cerah, berbahan plastik PET, memiliki perbedaan dalam hal kesehatan.

Menurut Dian, para pembeli pun mendapati bahwa jenis galon AMDK berwarna biru cerah ini berasal dari pihak distributor yang sama dengan jenis galon AMDK lama. Namun, ia tak mengetahui apakah para pembeli mengetahui soal perbedaan dari kedua galon tersebut.

"Saya tak tahu alasan banyak pembelinya, tetapi paling cepat habis yang gelon biru cerah itu. Karena mungkin mereka melihat lebih jernih airnya, padahal sama harganya ," tuturnya.

Dorong konsumen beralih ke yang lebih sehat

Galon PET berwarna biru cerah yang dijual di Manado. (Istimewa)

Salah satu Warga Manado yang mengaku telah beralih dari galon lama ke galon AMDK berwarna biru cerah adalah Indi. Dirinya beralih ke jenis galon tersebut setelah membaca sebuah artikel kesehatan.

"Setelah baca di artikel, ternyata galon berwarna biru cerah baik untuk kesehatan,” ujarnya.

Warga Manado lain yang bernama Greiny mengungkapkan bahwa ia lebih menyukai galon biru cerah karena terlihat lebih jernih dan sehat jika dilihat secara kasat mata.

"Saya memilih yang biru cerah, karena dari luar terlihat jernih dan sehat. Jadi untuk saat ini kalau saya  mau beli air galon pasti akan membeli galon yang lebih cerah itu,” jelasnya

Kesadaran akan beralih ke kemasan PET yang lebih sehat pun kini mulai meningkat, seperti yang telah dilakukan lewat peredaran galon berwarna biru cerah di Manado,

Indi, salah satu warga Manado yang menggunakan galon AMDK berwarna biru cerah, pernah membaca sebuah artikel online yang menyebutkan kemasan galon dengan kode segitiga dengan angka 1 di bawah. Sama seperti galon AMDK yang ia gunakan.

“Kalau tidak salah, ada kode segitiga, ada angka 1 di bawah galon, itu lebih sehat," ujar Indi, salah satu warga manado.

Greiny pun menyebut, setelah menggunakan AMDK galon biru cerah, ia mendapat informasi dari teman bahwa kandungan dalam galon AMDK jenis lama berbahaya bagi kesehatan.

"Kata teman yang baca di berita online, ada risiko paparan senyawa kimia bisa memicu kanker dan kemandulan," ujarnya.

Diva Lahunduitan, seorang mahasiswi di Manado pun sudah mengonsumsi air minum dalam kemasan galon berwarna biru cerah.

Dia beralih sejak membaca artikel terkait bahaya yang terkandung dalam AMDK kemasan plastik polikarbonat.

"Saya membaca artikel ada bahaya dalam galon tersebut. Makanya saya beralih ke air galon lain karena sehat," jelasnya

Seorang pegawai di Manado bernama Lenny Suparti mengaku sudah menggunakan AMDK dengan kemasan PET. Ia juga mendukung jika pemerintah mengeluarkan kewajiban wajib menggunakan produk AMDK dengan kemasan yang lebih aman.

Kendati demikian, ia pun menyarankan bahwa masyarakat perlu diedukasi terkait manfaat dari penggunaan galon AMDK berwarna biru cerah bagi kesehatan.

Pasalnya, masih terdapat juga warga yang belum mengetahui soal galon berbahan PET yang lebih aman ketimbang galon polikarbonat.

Salah satunya adalah Sania Rondonuwu, warga di Kelurahan Sario Tumpaan, Kota Manado. Ia menyebut bahwa dirinya belum tahu soal bahaya kandungan galon polikarbonat.

"Baru dengar kali ini dan baru tahu bahayanya. Pastinya saya siap beralih. Karena semua demi kebaikan keluarga saya," ujarnya.

Dengan kesadaran masyarakat yang makin meningkat, diharapkan peralihan galon AMDK dengan bahan polikarbonat ke galon AMDK berbahan PET pun akan lebih digencarkan oleh produsen AMDK.

Terkait informasi lebih lanjut mengenai galon berwarna biru cerah berwarna PET tersebut, pihak TribunManado pun telah beberapa kali menghubungi pihak produsen AMDK yang dimaksud, akan tetapi pihak produsen belum kunjung merespons.

Sumber : tribunnews.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini