KPK Kumpulkan Data Siswa Setiap Sekolah, Apa Tujuannya?

Saturday, 15 June 2024
KPK Kumpulkan Data Siswa Setiap Sekolah, Apa Tujuannya?
KPK Kumpulkan Data Siswa Setiap Sekolah, Apa Tujuannya?


INDONESIATODAY.CO.ID -
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengumpulkan data calon responden untuk Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan. 


Tim Juru Bicara KPK, Budi Prasetyo survei ini bertujuan untuk memetakan kondisi Integritas, baik pada perilaku peserta didik dan tata Kelola pendidikan yang melingkupinya. 


"Benar, bahwa KPK sedang mengumpulkan data calon responden untuk Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan," jelas Budi pada Sabtu, 15 Juni 2024. 


Dalam hal ini, kata Budi, survei ini juga telah menjadi program Prioritas Nasional yang berkaitan dengan Revolusi Mental, dan Pembangunan Kebudayaan. 


"Adapun permintaan data siswa dilakukan secara berjenjang, dimana KPK melalui Direktorat Jejaring Pendidikan telah bersurat ke pemerintah daerah untuk diteruskan kepada kepala dinas terkait," ujar Budi. 


Selanjutnya, apabila siswa tersebut terpilih menjadi responden survei, akan mendapatkan Whatsapp Blast, dimana konteks pertanyaannya terkait pada penanaman karakter atau pendidikan antikorupsi di sekolah. 


Sehubungan dengan hal tersebut, KPK juga meminta bantuan Dinas Pendidikan Provinsi atau Kabupaten/Kota untuk menginformasikan kepada satuan Pendidikan mengenai beberapa hal berikut: 


1. SPI Pendidikan 2024 dilaksanakan oleh KPK bekerja sama dengan Frontier (PT Marketing Sentratama Indonesia). 


Calon responden terpilih dari setiap satuan pendidikan utamanya akan dihubungi melalui WhatsApp resmi (centang hijau) SPI Pendidikan untuk berpartisipasi dalam survei dengan nomor 0811-1990-0198 atau 0811-1991-9198. 


2. Satuan pendidikan yang menjadi peserta survei dipilih secara acak (random sampling) dari daftar satuan pendidikan nasional. 


3. KPK akan memberikan daftar satuan pendidikan tersebut kepada narahubung/PIC Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah ditunjuk/didaftarkan sebelumnya untuk kemudian diinformasikan kepada satuan Pendidikan. 


4. Sebelum survei dilaksanakan, satuan Pendidikan diminta untuk dapat mengisi data populasi (seluruh siswa dan wali siswa kelas 4, 5, 7, 8, 10, 11, seluruh guru yang aktif mengajar, dan kepala sekolah) pada tautan https://aclc.kpk.go.id/pak/survey. 


"Batas waktu pengisian adalah 5 Juli 2024.Panduan SPI Pendidikan dan tautan pengumpulan data populasi juga kami sertakan," kata Budi. 


5. Data populasi dari setiap satuan pendidikan terpilih hanya akan digunakan sebagai dasar pemilihan responden secara acak dan kerahasiaannya akan dijaga. 


"Pelaksanaan kegiatan ini tidak memiliki dampak apapun terhadap operasional satuan pendidikan, baik dari sisi hukum, bantuan keuangan pendidikan, penilaian atau akreditasi, atau yang lainnya," tutup Budi. 


Sumber: disway

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini