Korban Banjir Bungo Tidur di Pinggir Jalan, BPBD: Tenda Sudah Disiapkan, Warga Pilih Mengungsi Mandiri

Monday, 8 January 2024
Korban Banjir Bungo Tidur di Pinggir Jalan, BPBD: Tenda Sudah Disiapkan, Warga Pilih Mengungsi Mandiri
Korban Banjir Bungo Tidur di Pinggir Jalan, BPBD: Tenda Sudah Disiapkan, Warga Pilih Mengungsi Mandiri

indonesiatoday.co.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membantah tidak adanya bantuan dari pemerintah kepada korban banjir di Dusun Air Gemuruh, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Kepala BPBD Bungo, Zainadi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa bantuan dari Pemda sudah disalurkan melalui kecamatan hingga desa masing-masing.

Terkait pernyataan salah satu korban banjir yang mengatakan selama sepekan banjir hanya 2 canting beras bantuan yang diberikan, ia mengatakan bahwa kemungkinan bantuan tersebut masih berada di kecamatan dan belum di distribusikan.

Baca Juga: 67 Tahun Provinsi Jambi, Al Farabi Sebut Banyak Agenda Pemprov yang Belum Diselesaikan

"Bantuan sudah di Kantor Camat, kami belum tahu apakah sudah didistribusikan atau belum. Kemungkinan hari ini di distribusikan," katanya.

Selain itu, Zainadi juga memastikan bahwa bantuan yang diberikan tersebut cukup untuk kebutuhan dipengungsian dan sesuai dengan data yang diberikan dari desa.

"Intinya bantuan inikan cukup sesuai dengan by name by adres," katanya lagi.

Baca Juga: Banjir Kiriman Mulai Mengancam Warga Bantaran Sungai Batanghari di Tanjab Timur

Mengenai warga yang tidur di pinggir jalan dengan tenda apa adanya, itu merupakan pilihan dari korban banjir itu sendiri.

Menurutnya, BPBD sudah mendirikan tenda untuk pengungsi umum bagi masyarakat yang terdampak. Namun, tenda tersebut kosong dan ditinggalkan korban banjir.

"Mereka lebih nyaman tidur di dekat rumah masing-masing. Mereka takut hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di rumahnya. Makanya mereka membangun tenda di pinggir jalan di dekat rumahnya," tutur Zainadi.

Baca Juga: Dampak Kemarau, Hasil Perkebunan di Tanjab Timur Merosot Drastis

Zainadi juga menyampaikan kepada masyarakat yang terdampak banjir untuk memastikan bahwa data dirinya tercatat pihak desa agar bantuan yang didistribusikan tersalur kepada semuanya.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: metrojambi.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini