Terbaru Hukum & Politik Heboh & Viral Peristiwa Kesehatan Olahraga Musik & Video Unik

Kisruh soal Hak Asuh Anak Vanessa Angel, Ini Jawaban Kak Seto

Jakarta, Insertlive -

Kak Seto ikut bersuara soal hak asuh Gala putra mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Hal ini karena kedua kakeknya ingin menjadi wali untuk sang cucu.

Saat ditemui oleh Detikcom, Kak Seto menjelaskan bahwa anak yang tidak memiliki kedua orang tua seharusnya diurus oleh keluarga yang lebih dekat dengan si anak.

"Memang yang terbaik anak diasuh dalam keluarga, tentu yang pertama adalah keluarga terdekatnya. Apakah kakek, nenek, mungkin ada paman, bibi, dan sebagainya. Jadi tetap dalam keluarga," kata Kak Seto ditemui di Pondok Labu, Jakarta Selatan.


"Tapi kalau memang tidak ini, maka ini tanggung jawab negara. Misal ada rumah perlindungan anak, saya kira mempunyai itu dan beberapa anak misal ada siapa pun juga tidak memandang ayah ibunya," sambungnya.

Baca Juga : Gala Diasuh Adik Bibi, Pengacara Vanessa Angel Berniat Lapor Kak Seto

Ketika terjadi perebutan, Kak Seto menyebutkan harus ada orang yang bisa menjadi mediator di antara kedua belah pihak. Selain itu, harus dipastikan bahwa sang anak tidak ada di dalam wilayah konflik.

"Artinya perlu dimediasi oleh apakah Kementerian Sosial atau mungkin pengadilan, dan sebagainya. Mohon semua mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak. Perlu ada mediator yang bisa menjembatani antara dua keluarga ini," tegas Kak Seto.

Soal hak asuh anak menurut Kak Seto tidak hanya bisa dipandang dari siapa yang paling berhak. Melainkan melihat dari semua sisi, termasuk segi kenyamanan dan kebahagiaannya.

"Artinya bagaimana selama ini yang cukup dekat, tentu menurunkan seorang psikolog anak, psikolog perkembangan yang bisa memahami situasi anak selama ini berada di wilayah mana. Itu perlu diteliti lebih dalam. Apa pun juga mohon dilakukan demi kepentingan terbaik bagi anak, bukan bagi kedua keluarga yang sementara ini, mohon maaf kalau saling memperebutkan hak asuh anak," tegas Kak Seto.

Maka dari itu, Kak Seto sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, siap turun tangan dan ikut membantu menengahi dan menangani masalah ini.

"Jadi kami akan turun tangan untuk menangani kasus itu. Jadi dalam hal ini, demi anak ya. Bukan demi kakek, nenek," tukas Kak Seto.

(nap/and)
Tonton juga video berikut:
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:15 PM
Sumber: insertlive.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Terbaru dari insertlive.com
Paling banyak dibaca hari ini