Kisah Pilu Siska Afrina, Korban Terakhir Erupsi Gunung Marapi yang Gagal Diwisuda

Friday, 8 December 2023
Kisah Pilu Siska Afrina, Korban Terakhir Erupsi Gunung Marapi yang Gagal Diwisuda
Kisah Pilu Siska Afrina, Korban Terakhir Erupsi Gunung Marapi yang Gagal Diwisuda


INDONESIATODAY.CO.ID - Duka mendalam tentu saja masih dirasakan oleh keluarga korban erupsi Gunung Marapi. Gunung yang berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat itu meletus dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 3.000 meter pada Minggu sore, 3 Desember 2023 sekitar pukul 14.53 WIB. 


Pada saat insiden tersebut terjadi, Gunung Marapi masih berstatus level II atau waspada, tapi pengelola tetap mengizinkan 75 orang pendaki untuk naik ke puncak gunung. Pada akhirnya, Marapi memuntahkan abu vulkanik yang diseritai dengan bebatuan. 


Akibat kejadian tersebut, Tim SAR gabungan dengan TNI dan Polri menyatakan bahwa 23 pendaki meninggal dunia saat Erupsi Marapi. Salah seorang korban tersebut adalah Siska Afrina yang jenazahnya baru bisa teridentifikasi tiga hari menjelang wisuda. 


"Korban terakhir yang terdata berjenis kelamin perempuan atas nama Siska, demikian informasi dari posko pencarian erupsi Gunung Marapi," tulis akun resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDP) Kota Bukittinggi @bpbd.kotabukittinggi, diunggah Rabu, 6 Desember 2023.


Siska adalah korban terakhir yang ditemukan oleh Tim SAR dari total 23 korban meninggal dunia akibat peristiwa tragis tersebut. Mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Padang itu seharusnya diwisuda pada 17 Desember 2023. 


"Siska Afrina calon wisudawan kampus UNP yang sudah terdaftar dan memenuhi segala berkas beberapa hari sebelum keberangkatannya mendaki Gunung Marapi," tulis akun @goresanluka31, diunggah Kamis, 7 Desember 2023. 


Perjuangan Siska dalam menyelesaikan pendidikan itu tertuang dalam kata pengantar skripsi. Ia diketahui telah menjalankan sidang komprehensif pada November 2023 lalu kemudian resmi menyandang gelar S.Pd atau sarjana pendidikan. 


Namun, takdir berkata lain, jadwal wisuda yang awalnya dilangsungkan pada 9 Desember 2023 ternyata mundur jadi 17 Desember 2023. Siska ternyata harus mendahului teman-temannya yang akan segera diwisuda beberapa hari lagi. 


Duka mendalam juga datang dari teman dan sahabat Siska yang mengenal dirinya. Bahkan, tak jarang warganet juga yang memberikan doa atas kepulangan Siska. Dari berbagai unggahan video, Siska tampak memiliki banyak teman, salah satunya tampak dari unggahan TikTok. 


"Tidak ada kata yang terindah selain doa, terima kasih sudah menjadi sahabat terbaik selama ini, terima kasih sudah menjadi kuat selama ini kamu wanita hebat!!!" tulis salah seorang sahabatnya di akun TikTok @srilidyarahmadani.


Sumber: viva.

BACA JUGA:

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler