Ketahui Fakta Bilirubin, Faktor yang Membuat Bayi Menjadi Kuning

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Ketahui Fakta Bilirubin, Faktor yang Membuat Bayi Menjadi Kuning

Jika anak Parents baru saja lahir, ada kemungkinan ia mengalami kuning atau Neonatal Jaundice. Jaundice sangat sering ditemukan pada bayi baru lahir. Kondisi ini terjadi ketika bayi memiliki kadar bilirubin yang tinggi. Supaya tidak panik, yuk, ketahui bagaimana bilirubin normal pada bayi dan apa saja faktanya.

Bayi kuning sebenarnya merupakan kondisi yang wajar terjadi. Bahkan terjadi pada 60 persen bayi sehat. Meskipun tidak perlu panik, Parents harus tetap mengamati keadaan bayi. Jika kuning semakin terlihat nyata, bayi tampak lemas, dan demam lebih dari 37,8 derajat celcius, sebaiknya bayi segera diperiksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Nah, berikut adalah penjelasan dan fakta yang harus diketahui oleh Parents seputar bilirubin. Yuk, disimak terlebih dahulu.

Apa itu Bilirubin? 

Mengutip dari Cleveland Clinic, penyakit kuning pada bayi baru lahir adalah kondisi di mana tubuh bayi berwarna kuning karena kadar bilirubin yang tinggi. Penyakit kuning terjadi ketika bilirubin menumpuk di darah bayi. Hiperbilirubinemia adalah istilah medis untuk kondisi ini.

Sedangkan bilirubin sendiri adalah zat kuning yang diciptakan tubuh ketika sel darah merah rusak. Saat Bunda hamil, hati mengeluarkan bilirubin untuk bayi. Tetapi setelah lahir, organ hati bayi harus mulai mengeluarkan bilirubinnya sendiri. 

Jika organ hati si kecil tidak cukup berkembang, ia mungkin tidak dapat membuang bilirubin. Lalu ketika kelebihan bilirubin ini menumpuk, kulit bayi akan tampak lebih kuning.

Penyakit kuning pada bayi sebenarnya sering terjadi. Namun, biasanya tidak serius dan akan hilang dalam beberapa minggu. Tetapi, penting bagi penyedia layanan kesehatan bayi untuk memeriksa mereka untuk penyakit kuning. Penyakit kuning yang parah dapat menyebabkan kerusakan otak jika tidak diobati.

Artikel terkait: Ketika ASI Justru Meningkatkan Jumlah Bilirubin Pada Bayi, Apa yang Harus Bunda Lakukan? Kadar Bilirubin Normal pada Bayi

Pada anak yang lebih tua atau orang dewasa, nilai normal bilirubin direk adalah dari 0-0,4 miligram per desiliter (mg/dL). Nilai normal bilirubin total adalah 0,3-1,0 mg/dL.

Tingkat bilirubin tidak langsung dalam aliran darah adalah total bilirubin dikurangi kadar bilirubin langsung dalam aliran darah. Selain itu, rentang referensi normal dapat bervariasi dari lab ke lab.

Pada bayi baru lahir, bilirubin yang lebih tinggi adalah normal karena stres saat lahir. Bilirubin indirek normal akan berada di bawah 5,2 mg/dL dalam 24 jam pertama kelahiran. 

Tetapi banyak bayi yang baru lahir memiliki beberapa jenis penyakit kuning dan kadar bilirubin yang meningkat di atas 5 mg/dL dalam beberapa hari pertama setelah lahir.

Cara Mengetes Kadar Bilirubin

Tes bilirubin dilakukan mengukur jumlah bilirubin dalam aliran darah si kecil. Tidak hanya untuk mengetahui penyakit kuning, tes ini digunakan untuk membantu menemukan penyebab kondisi kesehatan lainnya anemia, dan penyakit hati.

Bilirubin adalah pigmen oranye-kuning yang terjadi secara normal ketika bagian dari sel darah merah si kecil rusak. Organ hati mengambil bilirubin dari darah dan mengubah susunan kimiawinya sehingga sebagian besar melewati kotoran sebagai empedu.

Jika kadar bilirubin si kecil lebih tinggi dari biasanya, itu pertanda bahwa sel darah merah si kecil rusak pada tingkat yang tidak biasa atau organ hati tidak memecah limbah dengan benar dan membersihkan bilirubin dari darah.

Pilihan lain adalah bahwa ada masalah di bagian tubuh lain di sepanjang jalur yang mengeluarkan bilirubin dari hati dan masuk ke dalam feses si kecil.

Mengutip dari WebMD, seorang perawat atau teknisi laboratorium akan mengambil darah melalui jarum kecil yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah di lengan bayi. Darah dikumpulkan dalam tabung.

Pada bayi baru lahir, darah biasanya diambil dengan menggunakan jarum untuk mematahkan kulit tumit. Kemudian dokter akan mengirim darah ke laboratorium untuk dianalisis.

Sebelum tes, beritahu dokter tentang seberapa aktif si kecil dan makanan serta obat apa yang Anda minum. Obat-obatan tertentu dapat mengubah hasil si kecil. Setelah tes, si kecil akan dapat segera melanjutkan aktivitas normal seperti biasa.

Penyebab Bila Kadar Bilirubin Tinggi

Tes bilirubin akan mengukur jumlah bilirubin total di dalam tubuh. Ini juga dapat memberikan kadar dua jenis bilirubin yang berbeda: tidak terkonjugasi dan terkonjugasi.

Bilirubin tak terkonjugasi (“tidak langsung”). Ini adalah bilirubin yang dibuat dari pemecahan sel darah merah. Ini berjalan dalam darah ke hati.

Bilirubin terkonjugasi (“langsung”). Ini adalah bilirubin setelah mencapai hati dan mengalami perubahan kimia. Ini bergerak ke usus sebelum dikeluarkan melalui feses si kecil.

Untuk orang dewasa di atas 18 tahun, total bilirubin normal bisa mencapai 1,2 miligram per desiliter (mg/dl) darah. Bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun, kadar normalnya adalah 1 mg/dl. Hasil normal untuk bilirubin terkonjugasi (direk) harus kurang dari 0,3 mg/dl.

Pada laki-laki cenderung memiliki kadar bilirubin yang sedikit lebih tinggi daripada perempuan. Orang Afrika-Amerika cenderung memiliki kadar bilirubin yang lebih rendah daripada orang dari ras lain.

Bilirubin total yang tinggi dapat disebabkan oleh:

Anemia

Sirosis

Reaksi terhadap transfusi darah

Sindrom Gilbert – kondisi umum yang diturunkan di mana ada kekurangan enzim yang membantu memecah bilirubin.

Hepatitis virus

Reaksi terhadap obat

Penyakit hati alkoholik

Batu empedu

Penyebab Kadar Bilirubin Rendah

Kadar bilirubin yang lebih rendah dari normal tidak menjadi masalah.

Pada bayi baru lahir, kadar bilirubin tinggi yang tidak turun dalam beberapa hari hingga 2 minggu mungkin merupakan tanda:

Ketidakcocokan golongan darah antara ibu dan anak

Kekurangan oksigen

Infeksi yang diturunkan

Penyakit yang memengaruhi hati

Artikel terkait: Bayi Masuk Angin: Penyebab, Cara Mengatasi, Pencegahan

Fakta Seputar Bilirubin, Si Penyebab Bayi Kuning Kuning (Jaundice) pada Bayi Baru Lahir Disebabkan oleh Bilirubin yang Tinggi

Pada bayi yang sudah lebih besar dan orang dewasa, liver akan memroses bilirubin tersebut. Namun, liver bayi baru lahir masih berkembang dan belum bisa memrosesnya dengan baik.

Bayi yang berisiko tinggi terkena jaundice adalah bayi dengan kondisi berikut ini:

Bayi prematur yang lahir sebelum usia kandungan 37 minggu Tidak mendapatkan cukup asupan susu, baik susu formula atau ASI Bayi dengan golongan darah yang tidak kompatibel dengan golongan darah ibunya

Selain bilirubin, penyebab terjadinya jaundice yang tinggi bisa juga karena adanya infeksi, defisiensi enzim, masalah liver, dan abnormalitas pada sel darah merah bayi.

Pada sebagian besar kasus, jaundice akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan berkembangnya liver bayi. Biasanya kuning pada bayi hilang dalam waktu dua hingga tiga minggu. Bilirubin yang terlalu tinggi pada bayi bisa mengakibatkan tuli, cerebral palsy, dan kerusakan otak lainnya.

Jaundice pada bayi baru lahir yang terjadi lebih dari 3 minggu bisa menjadi tanda atau gejala penyakit serius.

Artikel terkait: Penyakit Kuning Rentan Dialami Bayi, Ini Penanganan yang Direkomendasikan Dokter Fakta: Orang Dewasa Juga Bisa Mengalami Kenaikan Bilirubin

Tidak hanya bayi, kenaikan bilirubin bisa terjadi pada orang dewasa. Kadar bilirubin normal pada orang dewasa adalah sekitar 0,2 hingga 1,2mg/dL. Jika peningkatan bilirubin lebih dari 2mg/dL, maka kemungkinan mengindikasikan adanya penyakit tertentu.

Jumlah bilirubin yang meningkat dapat terjadi karena adanya beberapa penyakit tertentu, misalnya gangguan hati, penyakit pada empedu, kerusakan sel darah merah, dan efek samping dari obat yang dikonsumsi.

Setelah mengetahui 4 fakta tentang bilirubin di atas, semoga bisa Parents tidak perlu panik lagi,ya.

***

Artikel telah diupdate oleh: Fadhila Afifah

Jaundice in Newborns https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22263-jaundice-in-newborns 

Bilirubin Blood Test https://www.healthline.com/health/bilirubin-blood 

Bilirubin test https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/bilirubin/about/pac-20393041 

What Is a Bilirubin Test? https://www.webmd.com/a-to-z-guides/bilirubin-test 

Hati-hati beri obat untuk bayi kuning, ibu ini beri peringatan

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bayi Kuning yang Perlu Diwaspadai Parents!

10 Penyakit yang bisa dialami bayi baru lahir, Parents perlu waspada nih!

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini