Kereta Cepat Whoosh bakal Persingkat Jarak Jakarta - Karawang cuma Jadi 10-15 Menit

Friday, 19 January 2024
Kereta Cepat Whoosh bakal Persingkat Jarak Jakarta - Karawang cuma Jadi 10-15 Menit
Kereta Cepat Whoosh bakal Persingkat Jarak Jakarta - Karawang cuma Jadi 10-15 Menit

indonesiatoday.co.id - Setelah Bandung, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) bakal menggarap kereta cepat Whoosh Jakarta - Karawang.

Namun hingga kini KCIC belum membuka operasional Stasiun Kereta Cepat atau Whoosh, Karawang, Jawa Barat.

Stasiun Kereta Cepat Karawang ini bakal dibuka jika pembangunan jalan tol menuju stasiun tersebut selesai dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Love Scam Internasional: Polri Tangkap 21 Pelaku, Keuntungan Rp50 Miliar per Bulan

"Untuk Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Karawang memang saat ini masih belum dioperasikan, karena saat ini masih dalam tahap persiapan pembukaan akses ke jalan tol," kata Manajer Corporate Communication KCIC Emir Monti.

Emir melanjutkan, KCIC sebenarnya telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan mulai dari Kementerian PUPR serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) agar bisa segera mengoperasikan Stasiun Karawang.

"Harapannya semuanya bisa berjalan lancar, tapi untuk targetnya kita masih koordinasi dengan Kementerian PUPR juga dengan Kemenko Marves terkait kapan akses menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Karawang ini dapat ditingkatkan," katanya.

Baca Juga: Jepang Kalah dari Irak di Piala Asia 2023, Indonesia Harus Lebih Siap dan Waspada

Kendati demikian, Emir menyebut, secara konstruksi Stasiun Karawang telah rampung dan bisa dioperasikan.

"Secara fasilitas, pelayanan maupun operasional sudah siap dan ketika nantinya diharapkan melayani untuk kawasan industri di Karawang, kita sudah siap," jelas dia.

Erwin melanjutkan jika telah beroperasi, maka hanya butuh waktu 10-15 menit untuk menuju Stasiun Karawang dari Stasiun Halim.


Baca Juga: 8 Tahun Vakum, Puade Kembali Hadir dengan Kantor dan Konsep Baru di Usia 25 Tahun

Dia menambahkan, setelah stasiun beroperasi lengkap, maka KCIC akan kembali mengkaji kembali tarif dari Stasiun Halim maupun Tegalluar sesuai tarif dinamis.

"Kita menggunakan dynamic pricing mulai dari rute, jam operasi, dan jadwal kita akan atur sedemikian rupa sehingga dapat menyesuaikan," kata dia.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: metropolitan.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler