Kapuspen Kejagung Angkat Bicara Soal Drone Melintas di Kantornya Malam Ini

Thursday, 6 June 2024
Kapuspen Kejagung Angkat Bicara Soal Drone Melintas di Kantornya Malam Ini
Kapuspen Kejagung Angkat Bicara Soal Drone Melintas di Kantornya Malam Ini


INDONESIATODAY.CO.ID - 
Kejaksaan Agung (Kejagung) belum mengidentifikasi drone yang melintas di kantornya, Panglima Polim, Jakarta Selatan pada Rabu (5/6/2024).


Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Ketut Sumedana menyampaikan pesawat nirawak itu memang kerap kali melintas di kantornya.


"Belum [teridentifikasi]. Belum ada saya dapat informasi dari teman teman disana. Saya jelaskan bahwa drone yang di Kejaksaan Agung itu paling sering," ujar Ketut saat dikonfirmasi, Rabu (5/6/2024).


Dia menambahkan, pihaknya kesulitan dalam melakukan identifikasi terhadap drone yang melintas itu. Pasalnya, pengendalian drone bisa dilakukan dari jarak yang cukup jauh.


"Tapi, kita kan gak bisa mengidentifikasi dari mana asalnya. Drone itu kan bisa dikendalikan dari jarak sekian ratus meter, sekilo pun bisa dikendalikan," tambahnya.


Di samping itu, Ketut menekankan bahwa pihaknya akan mendalami soal muatan yang berada di dalam drone tersebut. Menurutnya, jika membahayakan maka Kejagung akan melaporkan ke kepolisian.


"Drone itu begini, kalau memang menurut kita tidak membahayakan, tidak perlu sampai ke media. Tapi, kalaupun ada yg sifatnya membahayakan, kita lapor ke kepolisian atau kita lakukan penelusuran," pungkasnya.


Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi pukul 18.44 WIB, terdengar suara benda jatuh ke sekitaran kantor Kejagung. Tim pengamanan Kejagung nampak berkumpul sambil menunggu rekannya dua orang mengamankan drone tersebut.


Pesawat nirawak itu diamankan di sekitar proyek pembangunan Gedung Bundar Kejaksaan Agung. Terlihat, drone tersebut berukuran kecil atau segenggaman tangan orang dewasa. 


"Setelah berhenti lama di Gedung Utama. Dia [drone] melintas di sekitar sini [Gedung Kartika]," ujar salah satu tim pengamanan Kejagung di lokasi.


Bukan hal yang pertama tim pengamanan korps Adhyaksa itu mendapatkan drone di kantornya. Sebab, pada Selasa (21/5/2024), Bisnis juga mendapatkan informasi soal drone yang melintas di kompleks Kejagung. Setelahnya, petugas pengamanan Kejagung sempat menyiagakan tim penembak drone di lokasi. 


Sumber: bisnis

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini