Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya Ngecek Sekolah Terdampak Gempa Sumedang, Dinding Ruang Kelas hingga Lab Komputer Retak-retak

Wednesday, 3 January 2024
Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya Ngecek Sekolah Terdampak Gempa Sumedang, Dinding Ruang Kelas hingga Lab Komputer Retak-retak
Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya Ngecek Sekolah Terdampak Gempa Sumedang, Dinding Ruang Kelas hingga Lab Komputer Retak-retak

indonesiatoday.co.id - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Wahyu Mijaya meninjau sekolah terdampak gempa di Kabupaten Sumedang, Selasa (2/1/2024).

Beberapa sekolah yang ditinjau adalah SMAN 1 Sumedang, SMKN 1 Sumedang, SMK Muhamadiyah 1 Sumedang, dan SMK Pemuda Sumedang.

Adapun beberapa ruangan yang terdampak gempa Sumedang yakni ruang kelas, ruang praktik, lab komputer, dan ruang jurusan.

Baca Juga: Mobil Listrik Xiaomi Punya 3 Varian, Yuk Intip Spesifikasinya Disini!

Dari sejumlah foto saat peninjauan diketahui dinding di beberapa ruangan sekolah mengalami retak-retak akibat gempa.

Kadisdik menjelaskan, langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan asesmen untuk melihat kelayakan fungsi ruangan.

"Hari ini kita sudah usulkan ke Dinas PUPR untuk segera mengasesmen, menilai bangunan ini layak fungsi atau tidak. Sebelum tanggal 8 Januari (jadwal siswa masuk sekolah) hasil sudah bisa keluar," jelasnya.

Baca Juga: Awali 2024 bank bjb Punya Gebrakan Program Agen bjb BiSA! HEBAT

Kadisdik mengungkapkan, jika hasil penilaian menunjukkan bangunan tidak layak digunakan maka sekolah sudah menyiapkan skema pembelajaran secara hybrid (luring/daring), menyesuaikan dengan ruang kelas yang masih bisa digunakan.

"Saya sudah komunikasikan untuk mengantisipasi dengan pembelajaran hybrid jika kelas belum bisa difungsikan," ungkapnya.

Kadisdik berharap, semua proses tersebut berjalan lancar sehingga tidak mengganggu keberlangsungan pembelajaran siswa di awal semester ini.

Baca Juga: Polsek Rumpin Berhasil Ciduk Wanita yang Maling Handphone dengan Modus Bertamu

"Mudah-mudahan tidak ada lagi gempa susulan. Sehingga, saat nanti siswa masuk sekolah semua dalam kondisi yang layak," harapnya.

Hadir dalam peninjauan ini Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Jabar, Diah Restu Susanti, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Endang Susilastuti, Perwakilan Musyawarah Kepala SMK/SMA Kabupaten Sumedang serta pengawas sekolah.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: metropolitan.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini