Jelang Debat Capres Terakhir, Polisi Bagi JCC Menjadi Tiga Ring Pengamanan

Sunday, 4 February 2024
Jelang Debat Capres Terakhir, Polisi Bagi JCC Menjadi Tiga Ring Pengamanan
Jelang Debat Capres Terakhir, Polisi Bagi JCC Menjadi Tiga Ring Pengamanan

SINAR HARAPANPolisi telah menetapkan strategi pengamanan yang lebih ketat untuk memastikan kelancaran debat terakhir calon presiden (capres) Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, mengumumkan bahwa area JCC akan dibagi menjadi tiga ring pada pukul 19.00 WIB.

"Pola pengamanan hari ini sudah kami persiapkan jauh-jauh hari. Kami bagi jadi tiga ring. Kami juga mengevaluasi pola pengamanan dari debat sebelumnya, sehingga pengamanan hari ini jauh lebih baik," kata Kombes Pol Susatyo.

Baca Juga: Antisipasi Tawuran Warga, Polisi Gencarkan Patroli Malam di Kawasan Bassura Jakarta Timur

Pengamanan akan dilakukan dalam tiga ring, dimulai dari ring 1 di area debat, ring 2 sekitar lobi dan pintu masuk JCC, hingga ring 3 pada sektor terluar pintu-pintu masuk ke kawasan area GBK dan kantong-kantong parkir.

Sebanyak 2.992 personel gabungan dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemprov DKI Jakarta, dan instansi terkait akan terlibat dalam pengamanan debat capres kelima yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Meskipun arus lalu lintas masih normal, polisi telah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas secara situasional.

Baca Juga: Dua Ruas Jalan di Jakarta Timur Terendam Hingga Tadi Malam

"Penutupan atau pengalihan arus lalu lintas nanti melihat dinamika di lapangan," jelas Kombes Pol Susatyo.

Kepada seluruh personel pengamanan, Kombes Pol Susatyo menegaskan untuk bertindak secara persuasif, melayani dengan humanis, dan selalu bersikap netral.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti debat dari rumah masing-masing, sementara para pendukung di lokasi diminta menjaga keamanan dan ketertiban.

Baca Juga: Tali Gondola Putus, Dua Pekerja Kebersihan Gedung UNJ Tersangkut

Debat terakhir ini akan fokus pada tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi. Acara tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia.

Sejak debat pertama pada 12 Desember 2023, Pemilu 2024 telah melibatkan debat-debat yang intens, mencakup berbagai isu krusial bagi masyarakat Indonesia.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: sinarharapan.co

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler