Janji Anies Kepada Nelayan yang Ingin Tidak Miskin Lagi

Friday, 29 December 2023
Janji Anies Kepada Nelayan yang Ingin Tidak Miskin Lagi
Janji Anies Kepada Nelayan yang Ingin Tidak Miskin Lagi

 

indonesiatoday.co.id - Nasib nelayan Indonesia sangat mengenaskan. Meski Indonesia negara maritim tapi sayangnya mereka kebanyakan hidup dalam kemiskinan. Pada masa kampanye, capres kembali menengok mereka dengan membawa beberapa program.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP, pada 2015, masyarakat nelayan menyumbang sekitar 32,14 persen angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Sedangkan menurut data Badan Pusat Statistik atau BPS pada 2018, 20 sampai 48 persen nelayan di Indonesia masih miskin. Data pada 2019 menunjukkan kurang dari 14,58 juta jiwa atau sekitar 90 persen dari 16,2 juta nelayan, belum berdaya secara ekonomi maupun politik, dan berada di bawah garis kemiskinan.

Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyambangi para nelayan di Pantai Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu berjanji membenahi dari yang paling dasar, yakni perbaikan sarana dan prasarana pelabuhan. Anies juga akan membuat regulasi untuk mempercepat bongkar muat agar pengiriman logistik tidak terhambat lagi.

Baca Juga: Elektabilitas Anies dan Muhaimin Semakin Melejit, Apa Strategi Jitunya?Baca Juga: Elektabilitas Anies dan Muhaimin Semakin Melejit, Apa Strategi Jitunya?

Anies Baswedan menegaskan akan memperhatikan nelayan dengan menyediakan solar dan memudahkan izin usaha. Sehingga kampung nelayan akan penuh kesejahteraan.

"Para nelayan itu bisa hidup sejahtera dan kampung-kampung nelayan bukan menjadi kampung yang penuh dengan kemiskinan, tapi kampung yang penuh dengan kesejahteraan," kata Anies saat acara 'Desak Anies' di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu 27 Desember 2023.

Anies berjanji akan memastikan solar tersedia bagi seluruh nelayan. Sebab, solar merupakan ongkos produksi paling besar bagi nelayan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memastikan, izin usaha nelayan bakal dipermudah. Bahkan, ia akan menyiapkan program jemput bola.

"Soal harga jual yang rendah. Nanti kita jajaki. Kita bisa gunakan pola contract farming atau pola perjanjian pembelian panen, kalau ini pembelian hasil melaut. Sehingga ada kepastian untuk para nelayan," lanjut Anies.

Penyediaan solar bersubsidi, kata Anies, akan lebih dimudahkan bagi nelayan agar mereka bisa bekerja mencari tangkapan ikan. Selain itu, pasangan calon Koalisi Perubahan itu juga menyiapkan infrastruktur lengkap.

Proses perizinan yang ada saat ini, kata Anies, membuat nelayan kewalahan. Oleh sebab itu, ia menjanjikan adanya penyederhanaan dan penyiapan pendekatan jemput bola dalam pengurusan izin.

Baca Juga: Jay Noah Idzes Jadi WNI, Sektor Pertahanan Timnas Makin Kuat

"Dengan begitu para nelayan tidak perlu pergi jauh-jauh (mengurus perizinan), dan pemerintah yang datang membantu kemudahan," tutur Anies.

Hal ini pula, menurut dia, yang telah dilakukan di Jakarta. "Memberikan izin usaha mikro kecil itu bukan pelakunya yang datang, tapi ke kantor boleh juga akan tetapi kami yang berkeliling memberikan dan memroses izin," kata Anies.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: setiafakta.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini