Jalur Kereta Api ke Bondowoso dan Situbondo Akan Segera Aktif Lagi

Friday, 12 January 2024
Jalur Kereta Api ke Bondowoso dan Situbondo Akan Segera Aktif Lagi
Jalur Kereta Api ke Bondowoso dan Situbondo Akan Segera Aktif Lagi

indonesiatoday.co.id - Direktorat Jenderal Perkeretaapian melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Timur akan mempercepat proses reaktivasi jalur kereta api ke Bondowoso dan Situbondo

Humas BTP Jatim Kelas I Surabaya DJKA, Alfaviega Septian Pravangasta mengatakan, jalur kereta api lintas Kalisat - Bondowoso - Situbondo - Panarukan merupakan prioritas untuk diaktifkan kembali.

“Jalur ini masuk prioritas utama untuk dilakukan reaktivasi, karena sisa prasarana relatif masih ada. Jalur Kalisat-Panarukan ini juga telah dilakukan feasibility study atau studi kelayakan,” jelasnya secara eksklusif kepada jurnalis indonesiatoday.co.id, Kamis (11/01/2024).

Baca Juga: Polres Jember Ungkap Motif Suami Bunuh Istri di Jember

Ia juga mengatakan, terdapat 4 jalur KA non-aktif di Jawa Timur yang telah dilakukan FS atau studi kelayakan. Diantaranya adalah, Madiun-Slahung, Klakah-Lumajang-Pasirian, Jombang-Babat-Tuban dan Kalisat-Bondowoso-Panarukan.

“Dari hasil studi kelayakan, jalur Kalisat-Bondowoso-Panarukan merupakan yang paling layang jika dibandingkan 3 jalur KA yang lain,” paparnya.

Dalam studi kelayakan yang dilakukan oleh BTP Jatim, Viega juga menjelaskan bahwa pihaknya terus aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemprov maupun pemkab terkait.

Baca Juga: Tulus merilis lirik lagu yang berjudul Bersamamu: kini viral kembali di Tiktok

“Apabila tidak ada halangan ataupun kendala, Detail Engineering System (DED) pada jalur KA Kalisat-Bondowoso-Panarukan akan segera kita laksanakan pada tahun 2025 mendatang,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, “Kami juga berharap, nantinya jika jalur ini sudah aktif, akan memberikan dampak yang signifikan, terutama bagi warga Bondowoso dan Situbondo yang ingin bepergian menggunakan kereta api,” pungkasnya.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: unews.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini