Iran Come Back, Jepang Tersungkur Pinalti Injury Time Jahanbakhsh

Sunday, 4 February 2024
Iran Come Back, Jepang Tersungkur Pinalti Injury Time Jahanbakhsh
Iran Come Back, Jepang Tersungkur Pinalti Injury Time Jahanbakhsh

indonesiatoday.co.id – Timnas Republik Islam Iran (Tim Melli) berhadapan dengan Timnas Jepang (Blue Samurai) berlangsung seru di Education City Stadium, Doha, Sabtu 3 Februari 2024.

Iran lakukan come back dibabak kedua, setelah tertinggal 0-1 dari Jepang dibabak pertama, melalui Morita yang mencetak gol menit ke 28’. Namun Mohamad Mohebi mampu menyamakan keduduk menit 58’ babak kedua, kedudukan menjadi imbang 1-1.

Jepang yang memainkan pola 4-1-4-1 mendominasi jalannya babak pertama terlihat dari ball position, sedangkan Iran bermain dengan pola 4-2-3-1 berhasil come back babak kedua.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berharap Keajaiban, Menunggu Laga Terakhir Grup F, Lanjut Atau Pulang

Kemenangan ini membawa Iran semakin dekat dengan gelar keempatnya, setelah terakhir kali menjadi juara pada tahun 1976, dan memupus harapan Jepang setelah dalam final Piala Asia edisi 2019 kalah melawan Qatar.

Asa Jepang untuk meraih gelar ke-5 dalam kejuaraaan Sepak Bola AFC Cup kandas, setelah Samurai Biru gagal mengantisipasi kebangkitan Iran di babak kedua.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tunggu Hasil Grup Lain, Peluang Lolos Masih Ada Meski Kalah Dari Jepang

Beberapa catatan pertandingan Iran melawan Jepang :

  • Iran telah lolos ke semifinal Piala Asia AFC dalam dua edisi berturut-turut, setelah gagal melakukannya dalam tiga partisipasi mereka sebelumnya dalam kompetisi tersebut.

 

  • Penguasaan bola Iran sebesar 42% saat melawan Jepang, merupakan angka terendah ketiga mereka dalam pertandingan Piala Asia AFC yang mereka menangi sejak awal kompetisi edisi 2007.

Baca Juga: Piala Asia: Akhirnya Indonesia Lolos 16 Besar Berkat Kyrgyzstan Imbangi Oman

  • Alireza Jahanbakhsh dari Iran menyelesaikan empat dribel melawan Jepang. Pemain Tim Melli terakhir yang menyelesaikan lebih banyak dribel di Piala Asia AFC adalah Ali Karimi yang menyelesaikan lima dribel melawan Republik Korea pada tahun 2007.

 

  • Gol Alireza Jahanbakhsh pada menit ke-96 merupakan gol penentu kemenangan terbaru Iran di waktu normal dalam sejarah Piala Asia AFC;  ini juga merupakan penalti terbaru (non-adu penalti) yang dicetak Iran di setiap pertandingan Piala Asia AFC di abad ke-21.

 Baca Juga: Bahrain Kudeta Indonesia, Ambil Alih Urutan 3 Terbaik Piala Asia, Ternyata Ini Penyebabnya!

Susunan Pemain :

Timnas Iran (Tim Melli), Pelatih : Amir Ghalenoei.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: batastimor.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler