Ini Dia Jalur Masuk Prodi Kesehatan Masyarakat Unnes, Persiapkan Dirimu!

Sunday, 24 December 2023
Ini Dia Jalur Masuk Prodi Kesehatan Masyarakat Unnes, Persiapkan Dirimu!
Ini Dia Jalur Masuk Prodi Kesehatan Masyarakat Unnes, Persiapkan Dirimu!

indonesiatoday.co.id -  Kesehatan Masyarakat (Kesmas) merupakan salah satu prodi yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (Unnes). Prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) unnes telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes Nomor 0397/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2019.

Bagi kamu yang berminat masuk Kesmas Unnes, tersedia jalur masuk SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri. Kamu bisa memilih salah satu dari SNBP, SNBT, atau Jalur Mandiri. Berikut jalur masuk S1 Kesehatan Masyarakat Unnes.

Baca Juga: Unnes Buka Fakultas Kedokteran, Intip 6 Program Studi Fakultas Kedokteran Unnes!

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan prestasi akademik siswa selama di bangku SMA. Jalur seleksi ini menggunakan nilai rapor siswa dari semester 1 sampai semester 5.

Selain menggunakan nilai rapor, juga bisa menambahkan portofolio. Kamu bisa menggunakan portofolio akademik maupun non akademik sebagai nilai tambahan. Misalnya kamu aktif di organisasi atau pernah juara nasional.

Untuk mengikuti SNBP kamu harus terdaftar sebagai siswa yang memenuhi syarat. Penentuan siswa yang memenuhi syarat akan dilakukan oleh pihak sekolah. Kemudian sekolah akan mendaftarkan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca Juga: Resmi Buka Pendaftaran, Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Unnes?

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Ujian ini akan mengukur kemapuanmu dalam potensi skolastik, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Untuk mengikuti tes ini kamu harus memiliki akun SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru). Kamu juga akan dikenakan biaya sebesar Rp.200.000,00 (dua ratus ribu rupiah). Bagi kamu yang memiliki Kartu Indonesia Pintar maka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti tes ini.

Persiapkan dirimu sebaik mungkin agar bisa memenuhi nilai UTBK dan masuk Prodi jalur SNBT. Kamu bisa mulai latihan mengerjakan soal-soal UTBK mulai dari sekarang.

Baca Juga: Ini Dia Channel YouTube yang Bisa Membantu Kamu Lolos UTBK

Baca Juga: Yuk Simak Pelajari Hacks Ala Maudy Ayunda yang Wajib Kamu Coba

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kabarbuana.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini