Infografis PM Wanita Pertama Swedia Mundur padahal Baru 7 Jam Menjabat

STOCKHOLM, iNews.id - Perdana menteri perempuan pertama Swedia Magdalena Andersson mengundurkan diri padahal baru 7 jam menjabat.

Ketua Partai Sosial Demokrat itu terpilih sebagai perdana menteri perempuan pertama dengan menerima mosi percaya di parlemen pada Rabu (24/11/2021). Namun partai salah satu rekan koalisi, Partai Hijau, mengumumkan mundur dari barisan. Setelah itu Andersson pun mengumumkan pengunduran diri. 

Ini terjadi setelah anggaran yang diajukan oposisi, mencakup sayap kanan Partai Demokrat, disahkan oleh parlemen. Dalam sebuah pernyataan, Ketua Partai Hijau Per Bolund mengatakan mereka tidak ingin menjalankan negara dengan anggaran yang dibuat oleh partai-partai sayap kanan. 

Pada 10 November, perdana menteri saat itu juga Stefan Lofven mengundurkan diri. Menteri Keuangan Andersson pun menduduki jabatan yang ditinggalkan Loften. 

Namun Lofven juga mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Sosial Demokrat dan Andersson naik sebagai pimpinan baru.

Editor : Anton Suhartono

TAG : perdana menteri swedia perempuan

Bagikan Artikel:



Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:13 PM
Sumber: inews.id
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini