Indonesia Terima 102 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Desember

Indonesia Terima 102 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Desember
Petugas memasukkan kontainer berisi vaksin Sinovac ke pesawat di Bandara Beijing Capital International, China, Minggu (6/12). Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito memastikan persediaan vaksin COVID-19 nasional akan terus bertambah.

"Di Desember nanti ketersediaan vaksin akan bertambah sekitar 102 juta dosis, baik dari skema pembelian maupun hibah," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/11).

Target vaksinasi dosis pertama hingga November ini menurut Wiku sebesar 60% dari target populasi. Sementara 70% baru akan dicapai pada akhir Desember nanti.

Untuk memenuhi target tersebut, pemerintah salah satunya akan mengupayakan cold chain atau penyimpanan rantai dingin untuk vaksin di tiap provinsi minimal 1 buah.

"Selain itu, pemerintah juga melakukan upaya lain seperti penyediaan minimal 1 unit cold chain di tiap gudang penyimpanan provinsi, kemudian mendorong penggunaan vaksin dengan memberdayakan unsur TNI/Polri dan kementerian/lembaga dan mendorong kepala daerah menyerap vaksin yang ada segera. Dan memberi edukasi manfaat untuk divaksinasi," katanya.

Oleh karena itu, dengan seluruh upaya tersebut, pemerintah berharap dapat mencapai target sebelum tahun 2022.

"Saat ini 26 ibu kota provinsi sudah mencapai lebih dari 70% target vaksin per daerah di November ini. Diharapkan capaian 70% ini tercapai di seluruh daerah di akhir tahun," tutup Wiku.

Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:24 PM
Sumber: kumparan.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini