Indonesia Mengalahkan Vietnam 0-1 Pada Laga Kedua Piala Asia 2024 Qatar. Ketua Umum PSSI Berjanji Akan Memberikan Bonus.

Saturday, 20 January 2024
Indonesia Mengalahkan Vietnam 0-1 Pada Laga Kedua Piala Asia 2024 Qatar. Ketua Umum PSSI Berjanji Akan Memberikan Bonus.
Indonesia Mengalahkan Vietnam 0-1 Pada Laga Kedua Piala Asia 2024 Qatar. Ketua Umum PSSI Berjanji Akan Memberikan Bonus.

indonesiatoday.co.id. Indonesia memberikan kehidupan baru dalam kampanye Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023™ mereka setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Abdullah Bin Khalifa pada hari Jumat, berkat penalti babak pertama Asnawi Mangkualam.

Kemenangan tersebut membawa Indonesia ke posisi ketiga klasemen, memiliki poin yang sama dengan Jepang menjelang pertemuan mereka pada hari Rabu, saat Garuda mengakhiri enam pertandingan tanpa kemenangan melawan rival Asia Tenggara Vietnam, yang harapannya mengalami pukulan telak.

Baca Juga: Korea Utara Melakukan Uji Coba Senjata Bawah Air Haeil-5-23 Berkemampuan Nulkir

Kedua tim memilih untuk melakukan dua perubahan masing-masing dengan Nguyen Quang Hai dan Nguyen Van Tung masuk untuk Vietnam sementara Sandy Walsh dan Egy Maulana Vikri diberi kesempatan bermain sebagai starter untuk Indonesia.

Indonesialah yang mengawali dengan lebih kuat, Ivar Jenner memberi umpan kepada Rafael Struick pada menit pertama namun kiper Nguyen Filip berhasil menyamakan kedudukan, kemudian beberapa menit kemudian, Struick kembali melakukan tembakan bergantian yang hanya melewati tiang gawang.

Perlahan tapi pasti trio lini tengah Vietnam Quang Hai, Nguyen Tuan Anh dan Nguyen Thai Son mulai lebih banyak menguasai bola dan di pertengahan babak pertama melakukan percobaan tepat sasaran pertama mereka melalui sundulan Pham Xuan Manh namun tepat mengarah ke penjaga gawang Ernando Ari.

Baca Juga: Pasukan IDF Israel Membunuh Wakil Kepala Propaganda Jihad Islam Palestina Wael Makin Abdallah Abu-Fanounah

Filip sigap untuk menggagalkan peluang Indonesia lainnya ketika Justin Hubner memberikan umpan ke tiang jauh agar Walsh dapat mengangguk ke gawang, namun penjaga gawang turun ke kiri untuk mendorong bola ke tempat yang aman.

Tiga menit sebelum turun minum, Indonesia unggul terlebih dahulu ketika kapten Asnawi Mangkualam melakukan tendangan penalti setelah Nguyen Thanh Binh mendapat penalti karena menarik jersey Struick.

Baca Juga: FORWAN Indonesia Melakukan Pengukuhan Pengurus Baru Periode 2021-2024 Menggantikan Anggota Yang Mengundurkan Diri

Pelatih kepala Vietnam Philippe Troussier membuat dua perubahan di awal babak kedua dengan Khuat Van Khang dan Le Pham Thanh Long masing-masing menggantikan Pham Tuan Hai dan Thai Son, dan hampir membuahkan hasil.

Vietnam mulai menghujani tembakan ke gawang Indonesia melalui tembakan keras Van Khang dari kiri yang memaksa Ernando melakukan penyelamatan bagus, kemudian Tuan Anh meluncur ke dalam kotak penalti namun mengarahkan bola melambung di atas mistar.

Laga sengit Timnas Indonesia Vs Timnas Vietnam di Piala Asia 2023. Sumber Foto | (Bola.com)
Laga sengit Timnas Indonesia Vs Timnas Vietnam di Piala Asia 2023. Sumber Foto | (Bola.com)

Permainan dihentikan selama hampir lima menit pada menit ke-64 setelah Jordi Amat mengalami pukulan di kepala akibat perselisihan udara dengan Van Tung, dan kapten Indonesia akhirnya terpaksa digantikan oleh Rizky Ridho.

Yang patut disyukuri adalah Vietnam terus berusaha menyamakan kedudukan tetapi keberuntungan tidak berpihak pada mereka dan perempat finalis UEA 2019 bahkan harus bermain dengan 10 orang pada masa tambahan waktu setelah Thanh Long mendapat kartu kuning keduanya dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga: TNI Netral Dalam Pemilu Jika Ditemukan Anggota TNI Yang Tidak Netrak Akan Diproses Hukum

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: beritasenator.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini