Health Heroes Indonesia, Suara dan Aksi untuk Pilihan Pangan yang Lebih Sehat

Sunday, 28 January 2024
Health Heroes Indonesia, Suara dan Aksi untuk Pilihan Pangan yang Lebih Sehat
Health Heroes Indonesia, Suara dan Aksi untuk Pilihan Pangan yang Lebih Sehat

indonesiatoday.co.id - Enam kelompok remaja dari beberapa sekolah mempresentasikan aksi nyata dalam mendorong penerapan label pangan dan pilihan pangan yang lebih sehat di depan lebih dari 300 penonton. Mereka terdiri dari remaja, perwakilan dari pemerintah maupun organisasi masyarakat sipil, dalam kegiatan yang bertajuk Health Heroes Indonesia - Suara dan Aksi untuk Pilihan Pangan lebih Sehat. Acara dilaksanakan di Gedung Salihara Jakarta Selatan.

Aksi mereka merupakan contoh dari 55 aksi lainnya yang dilakukan oleh remaja untuk memberikan dampak positif pada lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan ini, juga ditampilkan suara remaja dari berbagai daerah tentang pangan yang sehat melalui pameran foto karya remaja Indonesia yang secara langsung memotret evolusi kesadaran remaja dan cara pandang mereka mengenai hak mendapatkan lingkungan pangan yang lebih sehat.

“SMP Ma’arif sangat bangga atas inisiasi Kantin Sehat dari Djohanes dan Zeehan yang telah diapresiasi oleh beberapa pihak terkait. Kantin sehat membantu siswa memilih opsi makanan yang lebih baik bagi tubuh mereka. Dengan makan makanan bergizi, siswa memiliki energi lebih untuk belajar dan berpartisipasi dalam aktivitas sekolah,” ujar Ernin Fitria, Kepala Sekolah SMP Ma’arif NU Jakarta.

Ernin telah mengeluarkan kebijakan agar penjual makanan di kantin sekolah menerapkan informasi nilai gizi pada panganan siap saji yang dijual. Kebijakan ini telah mendorong pengurangan penggunaan garam oleh pedagang di kantin sekolah. Aksi mereka ini merupakan bagian dari program kerjasama Kementerian Kesehatan RI dan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) dengan dukungan pendanaan dari Fondation Botnar.

Baca Juga: Merasa Lelah Sepanjang Waktu? 8 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Tingkatkan Semangat Kamu!

Program ini bertujuan mengubah perilaku remaja agar mengonsumsi manakan yang lebih sehat melalui 3 komponen kegiatan yaitu edukasi gizi dengan inovasi aplikasi permainan Health Heroes Nutrihunt, pelibatan remaja yang bermakna, dan perbaikan lingkungan makanan untuk mendukung pilihan makanan yang lebih sehat.

“Kita sadari bahwa pola konsumsi makanan telah menjadi faktor risiko utama yang berkontribusi pada angka kesakitan dan kematian di Indonesia diantaranya di antaranya adalah penyakit jantung koroner, hipertensi, dan peningkatan gula darah atau diabetes. Faktor risiko ini disebabkan karena kesadaran dan kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan sehat masih rendah, kondisi ini juga tentunya dipengaruhi oleh konidisi lingkungan pangan dimana ketersediaan pilihan untuk makanan sehat masih terbatas dan juga masalah keterjangkauan dan pemahaman masyarakat," ujar Agnes Malipu, Country Director GAIN.
Untuk membantu masyarakat Indonesia dalam memilih makanan yang lebih sehat, pemerintah Indonesia mewajibkan produsen pangan olahan dan siap saji untuk menerapkan labelan label informasi nilai gizi dan informasi kesehatan melalui Peraturan Menteri Kesehatan No.30 tahun 2023.

Selain itu, produsen pangan olahan dapat menerapkan logo pilihan lebih sehat pada produknya. Berdasarkan Peraturan BPOM No 26 Tahun 2021, terdapat 20 kategori pangan olahan yang dapat menggunakan logo tersebut.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini 6 Rekomendasi Makanan Sehat yang Ampuh Mengusir Jerawat Membandel

“Namun demikian, implementasi peraturan-peraturan tersebut masih belum optimal, sehingga perlu ditingkatkan lagi termasuk mengedukasi masyarakat akan pentingya membaca label informasi nilai gizi agar juga dapat mendorong produsen makanan dan minuman untuk menyediakan pilihan makanan yang lebih sehat dan memudahkan konsumen untuk memilihnya dengan menerapkan logo pilihan lebih sehat," tambah Agnes Malipu.

Health Heroes Indonesia juga aktif melakukan kegiatan advokasi untuk mendorong terciptanya lingkungan pangan yang lebih sehat, diantarnya melalui petisi online, terlibat dalam diskusi bersama pemangku kepentingan nasional untuk penerapan informasi gizi dan kesehatan yang lebih baik serta menjangkau lebih banyak remaja dalam untuk menggerakkan lingkungan disekitarnya agar pilihan makanan lebih sehat dapat lebih tersedia dan mudah untuk teridentifikasi.

“Harapannya, hak remaja untuk sehat melalui ketersediaan pilihan makanan yang sehat bisa terpenuhi," ujar Gavra Arkananta Brian Simanjuntak sebagai salah satu perwakilan Health Heroes Indonesia. “Kami juga mengajak agar semakin banyak remaja Indonesia mau peduli dan menyuarakan haknya sehingga semakin banyak inisasi dari anak muda yang berdampak untuk sistem pangan yang lebih baik. Untuk masa depan dan untuk planet kita," pungkasnya.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini