Hasil Quick Count: Irman Gusman Masuk 4 Besar Calon DPD Dapil Sumbar, Siapa Yang Tergeser?

Monday, 15 July 2024
1.363 Views
Hasil Quick Count: Irman Gusman Masuk 4 Besar Calon DPD Dapil Sumbar, Siapa Yang Tergeser?
Hasil Quick Count: Irman Gusman Masuk 4 Besar Calon DPD Dapil Sumbar, Siapa Yang Tergeser?



INDONESIATODAY.CO.ID  - Pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat pada Sabtu (13/7) membuat perolehan empat suara terbanyak berubah.


Pada Pemilu 2024 yang berlangsung pada 14 Februari lalu, terdapat empat calon yang mendapat suara terbanyak. Namun, setelah PSU ada satu nama yang tergeser. 


Adapun keempat nama yang sempat meraih suara terbanyak pada versi pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari adalah Cerint Iralloza Tasya, Muslim M Yatim, Jelita Donal, dan Emma Yohana.


Setelah ada PSU, lembaga survei SBLF Myriset melakukan hitung cepat (quick count) terhadap perolehan suara PSU DPD RI dapil Sumbar. Hasilnya, Cerint Iralloza Tasya, Muslim M Yatim, Jelita Donal, dan Irman Gusman mendapat suara terbanyak.



Dikutip dari Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Direktur SBLF MYriset Edo Andrefson mengatkan, quick count dilakukan di 800 TPS PSU DPD RI di Sumbar dengan margin of error sebesar 3,1 persen. Hasil quick count telah masuk 100 persen dan menunjukkan empat calon teratas dalam PSU DPD RI, yakni Cerint 18,18 persen; Muslim M Yatim 16,74 persen; Jelita Donal 13,7 persen; dan Irman Gusman 11,87 persen.


Edo Andrefson mengungkap, hasil QC PSU DPD dapil Sumbar mengubah peta calon DPD terpilih pada Februari lalu. Muslim M Yatim naik peringkat ke posisi kedua, menggantikan Emma Yohanna yang tersingkir dan digantikan oleh Irman Gusman. Elektabilitas Irman Gusman unggul tipis atas calon DPD lainnya yang berada di peringkat lima dan enam.


Menurut Edo, keunggulan Muslim M Yatim di lapangan karena dukungan kader PKS yang solid serta dukungan masyarakat luas yang merasakan kiprahnya selama satu periode. "Untuk Irman Gusman yang bisa finis di posisi keempat, dukungan ormas Muhammadiyah sangat signifikan, ditambah dukungan elite dari elemen LKAAM, Bundo Kanduang, dan tokoh lainnya," tambah Edo.




Hasil quick count itu memberikan gambaran awal tentang calon DPD RI yang akan terpilih. Namun hasil resmi tetap menunggu pengumuman dari KPU. Sebagaimana diketahui bahwa PSU DPD RI di Sumbar digelar di 17 ribu-an TPS di Sumbar dan diikuti 16 calon anggota DPD RI ini.


PSU DPD RI digelar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memenangkan gugatan Irman Gusman karena namanya dicoret dari DPT dan membatalkan hasil Pemilu DPD RI pada 14 Februari 2024


Sumber: Jawapos

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler