Hari Relawan PMI Tingkat Nasional, Jusuf Kalla Apresiasi PMI Kabupaten Tegal

Tuesday, 26 December 2023
Hari Relawan PMI Tingkat Nasional, Jusuf Kalla Apresiasi PMI Kabupaten Tegal
Hari Relawan PMI Tingkat Nasional, Jusuf Kalla Apresiasi PMI Kabupaten Tegal

indonesiatoday.co.id - Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla menghadiri Peringatan Hari Relawan PMI Tingkat Nasional ke 19 yang digelar di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Selasa 26 Desember 2023.

Peringatan Hari Relawan PMI kali ini juga dihadiri sejumlah pengurus PMI Pusat, pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah, Bupati Tegal Umi Azizah, serta relawan dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah dan perwakilan dari 7 provinsi.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Hari Relawan PMI Tingkat Nasional, Sasongko Tedjo mengungkapkan, peringatan Hari Relawan PMI mengacu pada peristiwa Tsunami di Aceh pada 2004 lalu.

"Kami ingatkan kembali, penetapan Hari Relawan PMI merupakan kenangan kita terhadap peristiwa bencana Tsunami Aceh yang menelan korban lebih dari 200 ribu orang," ungkap Sasongko Tedjo.

Baca Juga: Masuki Hari Ketiga Libur Nataru 2024, Jalur Menuju Wisata Guci Kabupaten Tegal Padat Merayap

Menurut Sasongko, terkait dengan tema Hari Relawan PMI yakni 'Bersatu dalam Kerelawanan' ini karena semua unsur dan mitra diajak dalam gerakan kepalangmerahan.

"Tadi pagi kita juga telah menanam pohon di halaman belakang Gedung PMI Kabupaten Tegal, kemudian ada kelanjutan juga operasi lain terkait tanggap bencana kekeringan, termasuk pelayanan kesehatan," jelasnya.

Ia juga mengapresiasi keberadaan Gedung PMI Kabupaten Tegal yang merupakan gedung PMI terbesar se Jawa Tengah.

"Gedung PMI Kabupaten Tegal merupakan satu-satunya yang terbesar dan terletak di Alun-alun, dan persis berhadapan dengan kantor Bupati," ucap Sasongko.

Baca Juga: PD Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Tegal Periode Muktamar XVIII Resmi Dilantik

Disebutkan juga, bahwa pada Hari Relawan PMI kali ini untuk pertama kali akan diserahkan penghargaan bagi para relawan yang telah berjasa dalam kemanusiaan.

"Pada kesempatan ini juga untuk pertama kalinya akan diserahkan penghargaan bagi relawan yang dinamakan Lencana Wira Utama, merupakan penghargaan tertinggi relawan, dengan melalui seleksi," terangnya.

Pemberian penghargaan Lencana Wira Utama bagi para relawan
Pemberian penghargaan Lencana Wira Utama bagi para relawan (Ade W/indonesiatoday.co.id)

Sedangkan penerima penghargaan Lencana Wira Utama ada 9 orang, diantaranya dari Provinsi DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, Banten, Lampung, Kalimantan Timur dan Jawa Tengah.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: smol.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini