Harap Ada 4 Paslon di Pilpres 2024, PKS Intens Komunikasi dengan Demokrat dan NasDem

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Harap Ada 4 Paslon di Pilpres 2024, PKS Intens Komunikasi dengan Demokrat dan NasDem

INDONESIATODAY.CO.ID - Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, mengakui kalau pihaknya memang sangat intens menjalin komunikasi dengan Partai NasDem dan Demokrat, untuk membangun koalisi di Pemilu 2024.

“Intens komunikasinya PKS dengan NasDem dan Demokrat,” kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Disebutkan Mardani, PKS ingin terlebih dahulu membahas perihal koalisi. Jika sudah terbentuk barulah membahas siapa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung.

Menurut Mardani, sekarang ini ketiga partai tersebut masih terkendala pembahasan mengenai siapa nama capres dan cawapres yang akan diusung. Sehingga sekarang ini deklarasi belum dilakukan.

Baca Juga:

Prabowo Diisukan Dihalangi Nyapres, PKS: Masa Jenderal Dijegal Sih?

Masa Jabatan Anies Belum Kelar, PKS DKI Ogah Bahas Calon Presiden

NasDem Buka Peluang Koalisi dengan Demokrat dan PKS

Baca Juga: Prabowo Diisukan Dihalangi Nyapres, PKS: Masa Jenderal Dijegal Sih?

"Tetapi memang langkah pertama kan membentuk koalisi dulu, baru kemudian capres dan cawapres. Soal capres cawapresnya masih ada satu dua yang harus didiskusikan," beber dia.

Dia bilang baik PKS, NasDem dan Demokrat masih menghitung siapa calon yang paling berpotensi untuk menang. Misalnya dengan mempertimbangkan tiga daerah utama, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kemudian Mardani mencontohkan bila nantinya tiga partai itu mengusung Anies Baswedan sebagai capres, maka harus dipasangkan dengan tokoh calon wakil presiden yang bisa menguatkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Anies diketahui kuat di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Tentu kita kalau berkoalisi ingin menang kan jadi kalau sederhananya kan kolam Pilpres cuma tiga Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Kalau mas Anies katakan kuat di Jawa Barat, maka harus cari calon yang kuat di Jateng atau Jatim," kata Mardani.

Baca Juga: Prabowo Dijegal Nyapres Lewat Baliho, Gerindra Tempuh Jalur Hukum

Karena itulah, dia berharap sebelum akhir tahun PKS, Demokrat dan NasDem bisa mendeklarasikan koalisi.

“Saya berharap sebelum akhir tahun sudah dideklarasikan,” tukas Mardani.

Artikel Menarik Lainnya:

Masa Jabatan Anies Belum Kelar, PKS DKI Ogah Bahas Calon Presiden

Gak Gengsi, Sekjen Gerindra Ngarep Jokowi Endorse Prabowo di Pilpres 2024

Puan Disebut Setujui Pembentukan ‘Dewan Kolonel’ Demi Langkahnya Jadi Capres

Sumber : indozone.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini