Google Doodle Hari Ini, Tampilkan Sosok ‘Mak Nyak’ Aminah Cendrakasih

Monday, 29 January 2024
Google Doodle Hari Ini, Tampilkan Sosok ‘Mak Nyak’ Aminah Cendrakasih
Google Doodle Hari Ini, Tampilkan Sosok ‘Mak Nyak’ Aminah Cendrakasih

 

KLIKANGGARANGoogle doodle hari Senin (29/01/2024) menampilakan sosok Aminah Cendrakasih (Hj. Siti Aminah Tjendrakasih), hal tersebut sekaligus memperingati hari kelahiran aktris senior yakni pada 29 Januari 1938.

Aminah Cendrakasih yang berperan sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan tersebut mengawali karirnya sebagai aktris dan penyanyi pada tahun 1955.

Aminah Cendrakasih memainkan beberapa judul di tahun 1955 yakni, Oh Ibuku, Gambang Semarang, Ibu dan Putri, Gadis Sesat, Tjalon Duta, dan Gadis Tiga Djaman.

Baca Juga: Sinopsis Captivating the King Episode 4: Kematian Raja membuat Lee In Naik Takhta dan Menjadi Sosok yang Kejam

Dalam film Gambang Semarang, Aminah bersama ibunya, Wolly Sutinah. Di filmnya yang ketiga, Ibu dan Putri (1955) yang disutradari Ha van Wu, Aminah diberi kepercayaan sebagai pemeran utama bersama dengan Lies Noor.

Selain bermain dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Aminah juga sempat bermain dalam Rumah Masa Depan di tahun 1984—1985

Putri pasangan pelawak Husin Nagib dan artis Wolly Sutinah ini pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Kepandaian Putri (SKP) Magelang, Jawa tengah.

Selain aktif dalam dunia peran, ia aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di LKB ia pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian. Selain itu ia juga menjabat Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema.

Baca Juga: Dihajar Australia 0-4, Garuda Indonesia Gagal Terbang Lebih Tinggi

Terhitung sejak 1955 sampai 1989, istri dari Idris Permana itu sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama.

Berkat pengabdiannya yang begitu lama di dunia film, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Diketahui, di masa tuanya, Aminah menderita Glaukoma. Dan dinyatakan ibu 7 anak tersebut meninggal dunia pada pukul 19.30 WIB di kediamannya kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Rabu (21/12/2022) dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Walau dalam keadaan sakit, Aminah masih dilibatkan dalam Si Doel The Movie di tahun 2018, Si Doel the Movie 2 tahun 2019 dan di Akhir Kisah Cinta Si Doel di tahun 2020.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: klikanggaran.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini