Gempa Magnitudo 4.4 Guncang Tanah Datar, Dirasakan hingga Bukittinggi dan Kabupaten Agam

Sunday, 28 January 2024
Gempa Magnitudo 4.4 Guncang Tanah Datar, Dirasakan hingga Bukittinggi dan Kabupaten Agam
Gempa Magnitudo 4.4 Guncang Tanah Datar, Dirasakan hingga Bukittinggi dan Kabupaten Agam

indonesiatoday.co.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) - Pusat Gempa Bumi dan Tsunami (PGR VI) mencatat adanya gempa dengan magnitudo 4.4 yang mengguncang Tanah Datar, Sumatera Barat, pada tanggal 27 Januari 2024 pukul 23:50:44 WIB.

Lokasi episenter gempa tercatat berada di 0.52 LS, 100.56 BT, sekitar 7 kilometer barat daya dari Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Gempa tersebut memiliki kedalaman sekitar 10 kilometer.

Gempa ini dirasakan cukup kuat di daerah Batusangkar dan Padang Panjang. Bahkan, getaran gempa juga terasa hingga ke Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Baca Juga: Prabowo: Pak Jokowi Sosok yang Mengajak Persatuan

Meskipun magnitudonya tidak terlalu besar, dampaknya cukup terasa di beberapa wilayah sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima indonesiatoday.co.id di lapangan, Warga yang berada di daerah terdampak menyebutkan bahwa gempa ini cukup kuat, menyebabkan kepanikan dan ketakutan sementara.

Kendati demikian, tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa yang dilaporkan akibat gempa ini.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada mengingat potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.

Perlu juga untuk selalu mengikuti perkembangan informasi resmi dari BMKG dan otoritas terkait terkait langkah-langkah keselamatan yang perlu diambil dalam situasi seperti ini.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi dengan pasti, namun dengan adanya sistem peringatan dini dan pengetahuan akan perilaku gempa bumi, masyarakat dapat meminimalisir risiko dan mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapinya. ***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini