Era New Normal COVID-19, Apakah Masih Harus Keramas Setelah Keluar Rumah?

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Era New Normal COVID-19, Apakah Masih Harus Keramas Setelah Keluar Rumah?

INDONESIATODAY.CO.ID - Masih ingat dengan anjuran protokol kesehatan untuk keramas setelah keluar rumah? Saran ini digaungkan dengan harapan keramas dengan shampo dapat membunuh kuman dan virus COVID-19 ketika berada di luar.

Anjuran tersebut pertama kali muncul ketika awal pandemi COVID-19 yakni di tahun 2019. Saat ini, dunia maupun Indonesia sudah memasuki masa transisi ke era new normal. Lantas, apakah masih harus keramas setelah keluar rumah?

Baca juga: Kembali Turun! Kasus COVID-19 Hari Ini 7.110, Sembuh 7.669

Ahli alergi dan imunologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof dr Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM menjelaskan, jika masih ada yang ingin berkeramas usai keluar rumah, dipersilahkan. Hal ini sebagai upaya pencegahan persebaran virus COVID-19 di dalam rumah. Ilustrasi virus corona. (FREEPIK)

"Kalau ditanya apakah sekarang masih harus keramas setelah beraktivitas di luar rumah, ya silahkan saja. Itu kan salah satu bentuk pencegahan membawa virus ke rumah," katanya dalam konferensi pers Pentingnya Perlindungan Khusus Pada Kelompok Rentan di Era Pandemi COVID-19, Kamis (24/11/2022).

Selain anjuran itu, hal yang perlu diperhatikan lainnya yakni pakaian yang digunakan saat keluar rumah, terutama pada kelompok rentan.

Baca juga: Hadir di Acara Berani Bacot IdeaFest, Erick Thohir Bahagia Indonesia Punya Vaksin COVID-19

"Sebagai upaya pencegahan khususnya pada kelompok rentan, kalau ke luar rumah bisa mengenakan pakaian yang melindungi," imbaunya.

"Namun perlu dilihat juga ya, lokasi tujuannya. Kalau habis dari rumah sakit, otomatis sampai rumah harus mandi bersih dan mencuci rambut biar nggak bawa virus kuman penyakit," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Jelang Nataru, Ini Tips Lindungi Lansia dari Ancaman Virus COVID-19 Lansia Baru Sembuh COVID-19, Kapan Bisa Terima Vaksin Booster Kedua? Update! Kasus Harian COVID-19 Hari Ini Bertambah 7.221, Meninggal 51
Sumber : indozone.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini