Ditemukan Surat Suara Pemilu yang Bercak Tinta di Pontianak

Saturday, 13 January 2024
Ditemukan Surat Suara Pemilu yang Bercak Tinta di Pontianak
Ditemukan Surat Suara Pemilu yang Bercak Tinta di Pontianak

PONTIANAK – Komisi Pemilihan Umum Kota Pontianak melibatkan 115 orang untuk melakukan sortir lipat surat suara untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan presiden dan wakil presiden (PPWP).

Jumlah itu dibagi dalam 23 kelompok, di mana satu kelompok beranggota lima orang. Sementara untuk sortir lipat surat suara untuk pemilihan DPRD tingkat kota hingga RI, melibatkan 180 orang.

Jumlahnya terbagi dalam 30 kelompok. Anggota masing-masing kelompok juga sama yakni lima orang. Bahkan disertai dengan pengawas di setiap kelompok.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pontianak David Teguh memastikan pengawasan secara intensif dilakukan saat berlangsungnya proses sortir lipat.

“Kami sudah terapkan SOP dalam proses sortir lipat,” kata David di Pontianak, kemarin.

Lanjut David, SOP itu antara lain pemeriksaan tubuh setiap orang yang keluar masuk di gudang logistik.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan aktivitas sortir lipat steril dari barang-barang yang dilarang. Seperti senjata tajam.

Baca Juga: Poster Caleg Bertebaran di Pohon di Jalan Komyos Sudarso Pontianak

Bahkan kata David, perlengkapan pribadi juga dilarang dibawa masuk ke gudang logistik. Contohnya telepon genggam.

“Jadi petugas tidak membawa peralatan pribadi. Perlengkapan pribadi mereka juga dititipkan di luar ruangan sortir lipat,” jelas David.

Begitu juga makanan dan minuman tidak boleh dibawa masuk ke ruangan sortir lipat. Lalu yang bisa keluar masuk hanya petugas sortir lipat.

“Setiap keluar masuk ruangan sortir lipat pemeriksaan tubuh dilakukan. Bahkan saat ke dan dari toilet, pemeriksaan tubuh juga dilakukan,” imbuh David.

David menambahkan pihaknya juga memasang kamera pengawas di setiap sudut gudang sortir lipat. Pemasangan kamera pengawas ini untuk proses pemantauan.

“Jika mendapati sesuatu yang tidak sesuai, kami bisa cek di kamera pengawas,” tambah David.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: pontianakpost.jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini