Dinilai Untungkan RI-Cina, Prof. Luhut Dapat Gelar Profesor Kehormatan dari Tsinghua University

Friday, 14 June 2024
Dinilai Untungkan RI-Cina, Prof. Luhut Dapat Gelar Profesor Kehormatan dari Tsinghua University
Dinilai Untungkan RI-Cina, Prof. Luhut Dapat Gelar Profesor Kehormatan dari Tsinghua University


INDONESIATODAY.CO.ID -
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menerima gelar honorary professor atau profesor kehormatan dari Tsinghua University di Beijing, Cina pada Rabu, 12 Juni 2024.


Tsinghua University memberikan gelar tersebut lantaran Luhut dianggap memiliki kontribusi signifikan dalam mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Cina. Selain itu, juga dianggap telah membawa keuntungan bagi kedua negara.


"Kerja keras dan sikap pantang menyerah itulah yang mengubah jalan hidupnya, menjadikannya orang pertama di Indonesia yang pernah belajar di Cornell University. Sikap tersebut juga yang saya teladani untuk menjadi seorang profesional, di manapun saya bekerja," ujar Luhut melalui keterangan tertulis yang diterima Tempo pada Kamis, 13 Juni 2024. 


Luhut menyampaikan hal itu dalam sebuah seremoni. Luhut mengaku sempat bertanya kepada Tsinghua apa sebab mereka mengamanatkan gelar tersebut. Menurut dia, kampus itu menilai Luhut berkontribusi atas terjalinnya hubungan persahabatan yang begitu erat antara Indonesia dan Cina. Bahkan, selama ini ia mengaku beberapa kali mendapatkan tawaran penghargaan serupa dari universitas lain, namun selalu menolak. 


 "Bagaimana bisa? Lulusan Akademi Militer yang hanya mengerti kata siap dan laksanakan, tak pernah menyukai pelajaran aljabar dan matematika, mendapatkan gelar terhormat dari salah satu cabang ilmu pengetahuan. Apalagi gelar tersebut datang dari kampus nomor 1 di Asia dan 12 terbaik dunia," ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Luhut juga mengenang perjalanan hidupnya dan nilai-nilai kerja keras yang diwariskan oleh ayahnya, seorang mantan sopir bus AKAP di Sibualbuali. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Cina telah diberi gelar itu.


Luhut berharap persahabatan kedua negara akan terus terjalin dan semakin kokoh. "Amanat ini akan saya dedikasikan sebagai komitmen untuk terus melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara," ucapnya. 


Gelar itu langsung dilaporkan Luhut ke Presiden Joko Widodo. "Presiden berkeinginan agar saya dapat menerimanya," ucapnya.


Berdasarkan QS World University rangkings 2023, Tsinghua University berada di peringkat 14. Terdapat 87 program sarjana, 83 program pascasarjana dan doktoral. Kampus itu berdiri sejak 1911.


Sumber: tempo

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini