Dinas ESDM Jabar Imbau Pemasangan Aksesoris Perayaan HUT ke 77 RI Tak Ganggu Jaringan Listrik PLN

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Dinas ESDM Jabar Imbau Pemasangan Aksesoris Perayaan HUT ke 77 RI Tak Ganggu Jaringan Listrik PLN

INDONESIATODAY.CO.ID, Bandung - Agustus merupakan masa kemeriahaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun, Dinas ESDM Jabar mengimbau semaraknya pemasangan aksesoris itu tidak mengganggu jaringan listrik PLN.

Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas ESDM Jabar Slamet Mulyanto mengatakan, biasanya ntuk menyemarakkan peringatan HUT ke 77 RI itu masyarakat memasang baliho, reklame lampu hias, spanduk, bendera, dan umbul-umbul sehingga suasana lingkungan rumahnya meriah. Namun, sebaiknya pemasangan diimbau tak mengganggu jaringan listrik PLN yang ada.

Untuk itu, Slamet mengimbau pemasangan baliho, reklame lampu hias, spanduk, bendera, dan umbul-umbul memerhatikan jarak aman. Pemasangan aksesoris kemeriahan itu sebagiknya berjarak bebas minimal 3 meter dari jaringan listrik PLN.

Baca Juga: Mengejutkan, Adik Ade Yasin Akui Ada Pengkondisian untuk Auditor BPK, Dia Setor Ratusan Juta

Menurutnya, Dinas ESDM Jabar mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan PLN UID Jabar yang terus berupaya menjaga kehandalan dan keamanan jaringan dengan gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Khususnya, terkait perayaan HUT ke 77 RI.

Menjaga jarak aman pada jaringan tenaga listrik merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan kondisi ketenagalistrikan yang andal dan aman bagi instalasi listrik, aman dari bahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, dan ramah lingkungan, terutama pada momen kemeriahan bulan Agustus.

"Kami mengingatkan agar selalu memperhatikan jarak aman. Memasang pernak pernik hiasan terlalu dekat dengan jaringan listrik berdampak buruk karena selain membahayakan masyarakat sekitar dan masyarakat yang melintas, juga bisa menyebabkan terganggunya aliran listrik. Bambu yang mengenai jaringan listrik dapat menyebabkan konsleting sehingga listrik padam," kata Slamet, Senin 8 Agustus 2022.

Baca Juga: Pilgub Jabar 2024, Uu Ruzhanul Ulum Siap Dikawinkan dengan Desy Ratnasari

Slamet menjelaskan, sebagai tindakan pencegahan langsung di lapangan, PLN akan menerjunkan tim untuk melakukan inspeksi potensi bahaya jaringan listrik dari pemasangan umbul-umbul, bendera, lampu hias hingga spanduk di jalur utama distribusi listrik.

"Jika ditemukan potensi bahaya, kami akan mengambil tindakan penertiban dan edukasi kepada masyarakat terkait," ujarnya. (*)

Sumber : inilahkoran.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini