Dilantik Jadi Ketua Bawaslu Jatim, Jabatan Ketua KPU Sumenep Kosong

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Dilantik Jadi Ketua Bawaslu Jatim, Jabatan Ketua KPU Sumenep Kosong

Sumenep (INDONESIATODAY.CO.ID) – Jabatan Ketua KPU Sumenep untuk sementara kosong, pasca ditinggal A. Warits yang telah resmi dilantik sebagai komisioner Bawaslu Jawa Timur, sekaligus terpilih sebagai Ketua Bawaslu Jawa Timur.

“Pak Warits secara resmi sudah mengundurkan diri dari Ketua KPU Sumenep setelah dilantik sebagai Ketua Bawaslu Jawa Timur. Pengunduran diri itu terhitung sejak Rabu (21/09/2032),” kata Plh Ketua KPU Sumenep, Deki, Jumat (23/09/2032).

Pasca pengunduran diri tersebut, maka jabatan Ketua KPU Sumenep untuk sementara diisi Pelaksana Harian (Plh). Secara aturan, sebelum ada Ketua KPU definitif, maka diminta untuk menetapkan pelaksana tugas (Plt) melalui rapat pleno komisioner.

Baca Juga:Tiga Hari, Rekapitulasi Sumenep Sisakan Empat Kecamatan Kepulauan JauhKPU Tetapkan Fauzi-Eva Sebagai Paslon Terpilih Pilkada SumenepKPU Sumenep Antarkan Berkas 19 Anggota PPS/KPPS Meninggal dan Sakit ke KPU RIBesok Pendaftaran Paslon Dibuka, KPU Batasi Jumlah PengantarKPU Sumenep Coklit 887.144 Calon Pemilih Pilkada

“Malam ini kami akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan Plt Ketua KPU Sumenep. Rapat pleno nanti diikuti 4 komisioner KPU,” terang Deki Prasetia Utama.

Hasil rapat pleno penetapan Plt tersebut akan dikirimkan ke KPU RI. Setelah itu, akan ada penggantian antar waktu (PAW) Komisioner KPU Sumenep, menggantikan Warits. Secara aturan, yang akan menggantikan Warits adalah nomor urut 6 berdasarkan hasil seleksi anggota KPU Sumenep pada 2019.

“Untuk Plt, kewenangannya sama dengan Ketua KPU definitif. Tapi statusnya masih pelaksana tugas. Nanti setelah ada PAW, baru akan ditunjuk Ketua KPU definitif,” terangnya. (tem/kun)

Sumber : beritajatim.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini