Dialog dengan Kapolda, Warga Pelalawan 'Curhat' Soal Bantuan Kemanusiaan Hingga Masalah Lalu Lintas

Saturday, 6 January 2024
Dialog dengan Kapolda, Warga Pelalawan 'Curhat' Soal Bantuan Kemanusiaan Hingga Masalah Lalu Lintas
Dialog dengan Kapolda, Warga Pelalawan 'Curhat' Soal Bantuan Kemanusiaan Hingga Masalah Lalu Lintas

HALUANRIAU.CO, PANGKALANKERINCI - Irjen Pol Mohammad Iqbal menyambangi Masjid Al-Azhim di Jalan Batu Ampar, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Jumat (5/1). Di sana, tokoh dan masyarakat berkesempatan 'curhat' dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau itu.

Masyarakat menyampaikan beragam keluhan dan aspirasi terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah mereka usia pelaksanaan Salat Subuh di rumah ibadah tersebut.

Seperti yang disampaikan Alim, yang mengutarakan kesulitan akibat tingginya debit air, serta memohon bantuan kemanusiaan, dan transportasi penyeberangan. Alim adalah salah satu warga yang berasal dari Kecamatan Langgam.

Sementara warga bernama Zulkilfi menyampaikan soal kemacetan lalu lintas di Kota Pangkalan Kerinci dan meminta penjelasan terkait jam kerja anggota Polri.

Tentu saja curhatan itu dijawab orang nomor satu di Korps Bhayangkara Bumi Lancang Kuning itu. Soal bantuan kemanusiaan akibat musibah banjir, Irjen Iqbal menyampaikan kalau dirinya telah memerintahkan seluruh Kapolres, termasuk di Pelalawan untuk tanggap membantu warga.

"Saya perintahkan seluruh Kapolres untuk memberikan bantuan kemanusiaan apabila terjadi bencana di daerahnya," ujar Irjen Iqbal menanggapi.

Salah satu daerah yang terdampak banjir ada Kecamatan Langgam. Terkait hal itu, Kapolda juga meminta instansi terkait, serta Satuan Kerja (Satker) Polda seperti Dir Samapta, Dansat Brimob, dan Dir Pol Airud, untuk memantau situasi terkait tingginya debit air.

"Apabila debit air meningkat maka segera turunkan personel ke lokasi tersebut," lanjut mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Sementara itu, terkait jam kerja, Kapolda menjelaskan bahwa pola tugas anggota Polri responsif terhadap situasi. "Namun apabila situasi tidak normal, maka personel Polri Bisa turun kapan saja bahkan tidak pulang sekalipun," sebut perwira tinggi Polri yang pernah menjabat Kadiv Humas Polri itu 

Selain itu, Kapolda juga mengingatkan para pejabat di tingkat lokal untuk meningkatkan pelaksanaan tugas, terutama kepada Kapolres agar lebih fokus dalam pelayanan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kapolda menyampaikan kepada masyarakat bahwa mereka dapat melaporkan keluhan terkait disiplin dan kewenangan anggota Polri kepada fungsi Propam, Pengawas, dan SPRI.

Dalam kegiatan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan konkret, termasuk bantuan kemanusiaan untuk wilayah terdampak banjir, peningkatan patroli di wilayah rawan kemacetan, dan tindakan tegas terhadap gangguan kamtibmas.

Diharapkan, sinergi antara masyarakat dan kepolisian akan semakin kuat, menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Pelalawan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: riau.harianhaluan.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini