Datangi Sritex, Gibran Singgung Pentingnya Greenflation, Bukan Masalah Receh

Tuesday, 23 January 2024
Datangi Sritex, Gibran Singgung Pentingnya Greenflation, Bukan Masalah Receh
Datangi Sritex, Gibran Singgung Pentingnya Greenflation, Bukan Masalah Receh

indonesiatoday.co.id  Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka melakukan kegiatan safari kampanye di sejumlah lokasi di Solo Raya. Salah satunya mengunjungi pabrik tekstil terbesar di Asia Tenggara PT.Sri Rejeki Isman Tbk (PT. Sritex) Selasa (23/1/2024). 

Saat bertemu dengan ribuan karyawan pabrik tekstil itu, Gibran menyinggung soal pentingnya masalah greenflation (inflasi hijau).  Hal ini menjadi salah satu hal yang dibahas dalam debat Cawapres.

"Ini bukan masalah receh. Dan itu istilah-istilah bukan karangan saya, hasil ngobrol dengan temen-temen pengusaha, Kadin, HIPMI semua memberikan masukan itu," kata Gibran.

Baca Juga: Pilpres 2024, Selisih Tinggal Sedikit, Timnas Bocorkan Hasil Survei AMIN  32 Persen dan Pragib 38 Persen

Gibran yang juga Wali Kota Solo itu mengatakan istilah  pajak karbon, carbon capture, carbon storage itu juga  bukan karangannya. 

"Ini bukan pertanyaam yang mengada-ngada tapi itu satu hal yang harus kita antisipasi," katanya lagi.

Saat pidato, Gibran juga sempat menyinggung hilirisasi yang selalu diulang-ulang dalam setiap kali debat.

Baca Juga: Pemilu, KemenPPPA Ajak Pilih Perempuan Demi Wujudkan Kesetaraan Gender  

"Dua kali debat, saya terus ulangi terus. Bapak, ibu dan teman-teman media di acara debat tahu, saat saya mengulang kata hilirisasi, ditertawakan sama grup sebelah, disepelekan," ujarnya.

Padahal hilirisasi sangat penting untuk perkembangan kemajuan Indonesia. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan, Indonesia tidak boleh lagi mengirimkan barang mentah ke luar negeri.

"Kita gak boleh lagi mengirin  bahan mentah, diolah di luar negeri, balik lagi ke sini dengan harga berlipat-lipat. Sumber Daya Alam kita itu luar biasa sekali. Apa-apa harus diolah sendiri di sini," jelasnya.

Baca Juga: Upskilling dan Reskilling Jutaan Angkatan Kerja Indonesia, Menko Airlangga: Hanya Kartu Prakerja yang Bisa

Sementara itu, CEO PT Sritex Iwan Setiawan Lukminto dalam sambutannya mengatakan semua pihak dituntut untuk mengerakkan green energy.

"Mahal semuanya itu ya kita harus ditopang dengan pemerintah nantinya. Jadi kami senang sekali greeflation itu diutarakan oleh Mas Gibran,"  kata Iwan Lukminto.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suarakarya.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini