Daftar Penghargaan Najwa Shihab, Terbaru Jadi Public Figure Inspiratif Terfavorit

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Daftar Penghargaan Najwa Shihab, Terbaru Jadi Public Figure Inspiratif Terfavorit

Koleksi penghargaan Najwa Shihab semakin bertambah. Di ajang penghargaan Indonesian Television Awards 2022, namanya disebut sebagai pemenang Public Figure Inspiratif Terpopuler.

Najwa berhasil mengalahkan Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, Atta Halilintar, dan Baim Wong, yang berada di satu kategori dengannya. Ia menyebut piala yang berhasil didapatkannya tersebut bisa menjadi penambah semangat dan amunisinya dalam berkarya.

Artikel terkait: 10 Koleksi Sneakers Najwa Shihab, Stylish dan Keren Banget!

Arti Penghargaan Public Figure Inspiratif untuk Najwa Shihab

Sumber Instagram @najwashihab

Di akun Instagram-nya, @najwashihab, ia mengunggah video saat menerima piala Public Figure Inspiratif Terpopuler. Tak lupa, perempuan 45 tahun ini menuliskan caption rasa syukur dan terima kasih atas dukungan teman-temannya selama ini.

“Hari-hari ini, di tengah tsunami informasi dan virus dusta yg memenuhi udara, saya percaya salah satu fungsi jurnalisme adalah menggaungkan suara publik. Sesederhana itu sebetulnya yg saya lakukan, dan juga dilakukan oleh begitu banyak jurnalis lain, menyuarakan apa yang kami anggap penting,” tulisnya.

Menurut Najwa, ada banyak kebenaran yang harus berani dibicarakan bersama-sama saat ini, baik itu manis atau pahit. Walaupun akan selalu ada upaya untuk membuat orang-orang takut melakukannya, lewat berbagai intimidasi.

Sumber Instagram @najwashihab

Presenter Mata Najwa ini melanjutkan, “Siapa pun bisa mengalaminya. Karenanya mari rapatkan barisan, memperjuangkan integritas, toleransi dan pentingnya partisipasi. Mari saling menularkan nyali. Supaya selalu ada teman-teman di luar sana, yang juga menolak berhenti, dan terus berani. Terimakasih sekali lagi.”

Artikel terkait: 7 Potret Rumah Najwa Shihab yang Estetik, Ada Perpustakaan Sendiri!

Penghargaan Najwa Shihab yang Pernah Diterimanya Penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya

Ini mungkin penghargaan pertama Najwa Shihab setelah dirinya menjadi seorang jurnalis. Pada 2005, ia memperoleh penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya untuk laporan-laporannya dari Aceh saat bencana tsunami melanda  pada Desember 2004.

Tidak hanya sekadar memberikan informasi, tetapi liputan dan laporan Najwa dinilai mampu membuat kepedulian dan empati masyarakat luas tragedi kemanusiaan itu semakin besar.

Sumber Instagram @najwashihab

Saat tsunami 2004 melanda Aceh dan sekitarnya, Najwa tiba di hari-hari pertama bencana dan menjadi saksi mata dampak dari musibah tersebut. Meski merasa emosional, tetapi ia tidak kehilangan daya kritis dan ketajamannya dalam berita-beritanya.

Bahkan, Najwa tidak segan menyebut nama pamannya, Alwi Shihab, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, sebagai orang yang dianggap paling bertanggung jawab atas penanganan pasca-bencana.

Jurnalis Terbaik Metro TV

Pada 2006 ia berhasil menjadi Jurnalis Terbaik Metro TV. Seperti namanya, ajang penghargaan ini memang hanya diikuti oleh para jurnalis Metro TV.

Sumber Instagram @najwashihab

Namun, bukan berarti kualitas Najwa sebagai jurnalis bisa dianggap sepele. Di masanya, jurnalis televisi swasta ini dianggap sangat berkualitas. Bahkan, beberapa jurnalis alumni Metro TV masih terkenal hingga sekarang.

Selain Jurnalis Terbaik Metro TV, penghargaan Najwa Shihab lainnya yang pernah diterima dari stasiun televisi ini adalah Best Current Affairs Presenter dalam acara Mata Najwa, yang dulu ditayangkan di Metro TV. Sebelumnya, pada 2009 ia menjadi juara kedua dan pada 2007 menjadi juara ketiga.

Langganan Penerima Nominasi di Panasonic Gobel Awards

Sejak 2010, nama Najwa Shihab selalu menjadi salah satu nominasi dari kategori yang ada di penghargaan Panasonic Awards. Berikut daftarnya.

Sumber Instagram @najwashihab

2010: Presenter Berita Terfavorit – Nominasi 2011: Presenter Berita Terfavorit – Nominasi, Presenter Talkshow Terfavorit – Nominasi 2012: Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit – Nominasi 2013: Presenter Berita & Informasi Terfavorit – Nominasi, Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit – Nominasi 2014: Presenter Berita & Talkshow Berita Terfavorit – Nominasi 2015: Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit – Menang, Insan Pertelevisian Terbaik – Menang 2016: Presenter Talkshow – Nominasi 2017: Presenter Talkshow Current Affairs & News – Menang 2018: Presenter Talkshow Berita – Nominasi 2019: Presenter Talkshow Berita Terfavorit – Menang

Artikel terkait: Menikah saat Berusia 20 Tahun, Ini 6 Fakta Pernikahan Najwa Shihab

Penghargaan Najwa Shihab dari Majalah Terkemuka

Sumber Instagram @najwashihab

Pada 2016, alumni Universitas Indonesia dan Melbourne Law School ini menerima penghargaan The Influential Woman of The Year dari Elle Magazine. Najwa dianggap sebagai salah satu perempuan berpengaruh di tahun tersebut.

Di tahun yang sama, ia kembali mendapatkan penghargaan dari majalah terkemuka, Forbes. Najwa disebut sebagai Most Progressive Figure versi Forbes Magazine. Sepak terjangnya di dunia jurnalis disebut memiliki kemajuan yang luar biasa.

Penghargaan Lain yang Diterima Najwa Shihab

Selain beberapa penghargaan di atas, ini adalah daftar penghargaan lain yang pernah diterima oleh anak perempuan Quraish Shihab ini.

Sumber Instagram @najwashihab

2017: Presenter Pemilukada Terbaik oleh Badan Pengawas Pemilu 2017 dan 2019: Highly Commended for the Best Current Affairs Presenter di Asian Television Award 2018: Young Global Leader oleh The World Economic Forum 2019: Australian Alumni Award for Journalism and Media, National Award for Journalistic Contribution to Democracy 2011: Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum (WEF), Asian Television Awards (ATA) 2011 – Pemenang Kedua atau Highly Commended

Itulah penghargaan Najwa Shihab selama berkarir menjadi jurnalis, presenter, dan sekarang sebagai seorang aktivis media sosial. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk para generasi penerusnya, ya.

Bangga! Amanda Manopo Menang Penghargaan Seoul International Drama Awards

Selamat! Arsy Berhasil Sabet 14 Penghargaan di Ajang Nyanyi WCOPA

Sumber : theasianparent.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini