Covid-19 Naik Lagi, Benarkah Bisa Sebabkan Komplikasi Serius pada Ginjal?

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Covid-19 Naik Lagi, Benarkah Bisa Sebabkan Komplikasi Serius pada Ginjal?

JAKARTA, INDONESIATODAY.CO.ID - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Dalam sepekan terakhir, kasus positif Covid-19 sudah tembus 6 ribu kasus per hari.

Baca Juga : Kasus Gagal Ginjal Akut Jakarta Alami Penurunan, Total 113 Kasus

Selain menyerang pernapasan, virus berbahaya tersebut ternyata bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius. Salah satunya adalah gagal ginjal. Selain itu, yang perlu diingat adalah, jika seseorang sudah memiliki penyakit ginjal, maka ada kemungkinan virus Covid-19 bisa memperparah penyakitnya.

Tidak hanya bisa terjadi pada mereka yang tidak memiliki masalah ginjal, beberapa orang yang mengalami Covid-19 yang parah biasanya akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan ginjal. Mulai dari tingginya kadar protein atau darah dalam urin dan kinerja darah yang tidak normal.

Baca Juga : Kemenkes Sebut Gagal Ginjal sebagai Kasus yang Misterius, Ini Alasannya

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa cedera ginjal akut dialami hingga setengah dari orang yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19. Kasus kerusakan ginjal yang tiba-tiba tersebut dalam beberapa kasus yang parah juga bisa terjadi dalam beberapa jam atau hari. Kondisi Ini menyebabkan limbah menumpuk di dalam darah dan bisa berakibat fatal.

Dampak Covid-19 pada ginjal sangatlah kompleks. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/11/2022), berikut beberapa kemungkinan alasan yang sedang dipelajari oleh para dokter dan peneliti terkait Covid-19 terhadap ginjal.

1. Kekurangan oksigen sebabkan ginjal tidak berfungsi

Pada kasus yang parah, Covid-19 bisa menyebabkan pneumonia yang akan menurunkan kadar oksigen dalam darah hingga batas tidak normal.

Nah, ginjal yang tidak mendapatkan oksigen yang cukup, tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga fungsi organ tersebut akan menurun.

2. Virus menyerang ginjal

Virus Covid-19 juga bisa menginfeksi sel-sel ginjal. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Covid-19 bisa menyebabkan gagal ginjal.

Sel-sel ini memiliki reseptor yang memungkinkan virus corona baru untuk menempel padanya, menyerang dan berkembang biak, sehingga akhirnya merusak jaringan tersebut. Reseptor yang sama juga ditemukan pada sel paru-paru dan jantung, lokasi di mana virus corona baru terbukti menyebabkan kerusakan.

 

Sumber : celebrities.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini