Covid-19 Kembali Menghantui, Prokes Diperketat

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Covid-19 Kembali Menghantui, Prokes Diperketat

INDONESIATODAY.CO.ID, Penyakit saluran pernapasan seperti COVID-19 yang disebabkan coronavirus menyebar ketika percikan dahak yang mengandung virus masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, atau tenggorokan. Akan tetapi, yang paling sering terjadi adalah melalui tangan. Penyebaran virus dari satu orang ke orang lain paling sering terjadi melalui tangan.

Selama pandemi global terjadi, salah satu cara paling mudah, penting, dan tanpa biaya untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan rutin cuci tangan pakai sabun dan air. 

Kasus penyebaran Covid-19 masih sangat menghantui banyak negara di penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, kasus Covid-19 kembali meningkat dengan catatan penambahan kasus harian yang tinggi.

Dilansir dari laman Worldometer, Sabtu, 12 November 2022 penambahan kasus harian infeksi Covid-19 di Indonesia sebanyak 6.179 kasus. Angka ini menurun sedikit dibandingkan kemarin yang sempat mencapai 6.247 kasus perhari pada Jum’at, 11 November 2022.

Yang menjadi perhatian adalah positivity rate Covid-19 di Indonesia sebesar 9,11 persen, yang masih dinilai cukup tinggi saat kasus infeksi juga tetap tinggi. Untuk diketahui, positivity rate adalah perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

Dr. Fionita Beelkis mengingatkan kita untuk tetap menjaga protocol Kesehatan di manapun berada. Hal tersebut disampaikan saat berbincang dengan tim Akuratco, Senin, 14 November 2022.

“Iya nih kasus Covid-19 meningkat lagi di Indonesia, ayo perketat lagi protokol kesehatannya (prokes) di manapun ya,” kata dr. Fionita.

“Jangan bosan dan lupa untuk terus mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir atau dapat menggunakan sanitizer. Terus pakai masker, jaga jarak, jangan berkerumun dan bagi yang belum vaksin, ayo vaksin,” tambahnya.

Selain tetap memperhatikan protokol kesehatan, dr. Fionita menyarankan agar tubuh terus mengkonsumsi makanan penuh gizi.

“Konsumsi makan-makanan yang sehat, yang bergizi dengan gizi yang seimbang, minum air putih yang cukup,  konsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh saat berada di luar ruangan,” tutupnya.[]

Sumber : akurat.co
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini