Coba Tenangkan Amerika Serikat? Dewan Keamanan PBB Susun Negosiasi Resolusi Kemanusiaan Gaza dengan Bahasa Lebih Halus

Wednesday, 20 December 2023
Coba Tenangkan Amerika Serikat? Dewan Keamanan PBB Susun Negosiasi Resolusi Kemanusiaan Gaza dengan Bahasa Lebih Halus
Coba Tenangkan Amerika Serikat? Dewan Keamanan PBB Susun Negosiasi Resolusi Kemanusiaan Gaza dengan Bahasa Lebih Halus

BICARA BERITA - Para anggota Dewan Keamanan PBB dikabarkan telah menyusun negosiasi resolusi kemanusiaan untuk menghentikan konflik Gaza.

Selasa kemarin, mereka mulai terlibat dalam pembicaraan yang intens untuk menyusun negosiasi resolusi kemanusiaan dengan bahasa yang lebih halus.

Kepentingan mendesak menyusun negosiasi resolusi kemanusiaan di Gaza adalah tersalurnya bantuan yang lebih banyak kepada warga Palestina.

Upaya negosiasi kemanusiaan selama ini selalu kandas di veto Amerika Serikat. Untuk itulah, mereka mencoba mengeluarkan resolusi dengan bahasa yang lebih halus.

Baca Juga: Poros Perlawanan di Luar Palestina, Hamas Rekrut Personel di Lebanon: Bagaimana Sikap Hizbullah? Benarkah Iran Terlibat?

Namun, upaya resolusi yang seharusnya dimulai Selasa kemarin itu harus ditunda sehari. Para anggota Dewan Keamanan PBB berusaha mencegah Amerika Serikat melakukan veto.

Selain itu, Israel telah menghadapi tekanan internasional yang semakin meningkat sehingga harus mengubah taktiknya dalam perang melawan Hamas.

Rancangan awal teks resolusi telah diusulkan pada Senin yang menyerukan “penghentian permusuhan mendesak dan langgeng untuk memungkinkan akses bantuan kemanusiaan tanpa hambatan ke jalur Gaza”.

Baca Juga: Ratusan Truk Bantuan Akhirnya Memasuki Gaza Melalui Perbatasan Rafah dan Kerem Shalom

 

Diperhalus untuk memuaskan Washington

Sumber-sumber diplomatik menyatakan bahwa bahasa ini telah diperhalus menjadi “penghentian permusuhan yang mendesak” dan dapat dihaluskan lagi untuk memuaskan Washington.

“Poin utama adalah kami percaya ‘penghentian permusuhan’,” kata Gabriel Elizondo koresponden Al Jazeera di PBB, New York.

“Amerika Serikat dan Israel mengatakan bahwa setiap resolusi yang mengandung kata-kata itu sama saja dengan gencatan senjata, dan mereka mengatakan bahwa hal itu hanya akan menguntungkan Hamas, sehingga AS akan menggunakan hak vetonya seperti yang telah dilakukannya di masa lalu. Kami pikir, mereka sedang mencoba menyusun semacam bahasa di sana.”

Baca Juga: Israel Gunakan Drone Bunuh Warga Palestina di Tepi Barat, Cegat Ambulan, dan Tangkap Seorang Paramedis

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: bicaraberita.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini