Cara Mengatasi dan Mencegah Telinga Berdenging, Ini Penjelasan Ahli

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Cara Mengatasi dan Mencegah Telinga Berdenging, Ini Penjelasan Ahli

JAKARTA, INDONESIATODAY.CO.ID - Telinga berdenging merupakan gangguan yang dapat terjadi pada semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, maupun orangtua. Maka dari itu, dokter Mardhita Kasoem,MSc membagi tips cara  mengatasi dan pencegahan agar tidak terjadi telinga berdenging. 

Baca Juga : Waspada Gangguan Pendengaran pada Orangtua, Ini yang Harus Dilakukan

Awalnya, dr. Madhita menjelaskan sebelum mengatasi telinga berdering, seseorang harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya 

"Harus tahu dulu penyebabnya apa dengan melakukan pemeriksaan pendengaran dalam dan pendengaran luar. Kalau kita udah tau penyebabnya apa, baru itu yang diatasi. Kalau memang penyebabnya masih awal-awal atau ada di bagian telinga luar, itu bisa diatasi dengan meminum obat-obatan atau vitamin yang fungsinya agak mengurangi tapi tidak benar-benar menghilangkan dengingnya," katanya 

Baca Juga : Mengenal Faktor Utama Gangguan Pendengaran, Ini Cara Pengobatannya

Dia juga menambahkan bagaimana mengatasi telinga berdenging jika penyebabnya ada di bagian telinga dalam. 

"Jika penyebabnya ada di telinga dalam yaitu rumah siput, kita bisa atasi dengan memakai alat bantu dengar. Tapi alat bantu dengar itu sebenarnya untuk memperkeras suara. Jadi kalau dia berdenging, teredam lah berdengingnya," ucap Dr Madhita saat ditemui di acara Morning Update, Gedung INews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. 

Baca Juga : Mengejutkan! IU Mengaku Memiliki Masalah Pendengaran 

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, dr Madhita lantas menjelaskan bagaimana pencegahan agar tidak terjadinya telinga berdenging. 

"Hindari mendengar suara yang terlalu keras, karena kalau mendengar suara yang terlalu keras dan lama itu bisa merusak rumah siput. Rumah siput kalau udah rusak yaa itu bisa berdenging. Kesehatan secara umum juga penting. Baik dari masalah sistemik dan lain lain," tuturnya 

Selain itu, faktor makanan juga mempengaruhi salah satunya makanan dan minuman yang mengandung kafein. 

"Hindari Kafein, gak cuma kopi tapi bisa teh dan cokelat. Karena itu ada efek untuk dengungan pada telinga," ujar dr. Madhita.

Editor : Tia Ayunita

Sumber : celebrities.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini