Cara Komunikasinya ke HRD Dianggap Kurang Sopan, Pelamar Kerja Tuai Kritik

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Cara Komunikasinya ke HRD Dianggap Kurang Sopan, Pelamar Kerja Tuai Kritik

INDONESIATODAY.CO.ID Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum melamar sebuah pekerjaan. Biasanya perusahaan akan memberikan beberapa kriteria untuk para kandidat atau calon karyawan yang akan bekerja, seperti melampirkan curriculum vitae (CV) sebagai salah satu syarat.

Di masa sekarang, mengirim CV cukup melalui surat elektronik atau e-mail atau bahkan bisa langsung lewat pesan singkat.Cara pengiriman ini cukup memudahkan para pencari kerja, karena menghemat biaya baik itu dari sisi cetak dokumen maupun ongkos transportasi ke perusahaan yang dituju.

Namun ada satu persoalan yang mencuat di dunia pelamar kerja belakangan ini, yakni cara komunikasi. Seperti unggahan dari Twitter @worksfess berikut yang dikirim oleh seorang pelamar kerja. Ia menanyakan sikap HRD yang mengatakan dirinya tidak sopan.  

"Wajar nggak sih HRD kayak gini? Gue tau gue salah dari awal cuma lupa pengenalan diri doang". 

Unggahan berupa tangkapan layar tersebut menunjukkan sebuah percakapan dalam pesan singkat. Diketahui seseorang ingin melamar pekerjaan dan ia langsung menghubungi recruiter. Namun bukannya mendapat sambutan baik, ia malahan disuruh berkomunikasi dengan sopan oleh recruiter.

Dalam percakapan tersebut kandidat menanyakan apakah CV langsung di kirim atau melalui e-mail.

"Siang, ka ini aku langsung kirim cv nya atau by email ya?" tulis kandidat. 

Recruiter atau HRD tersebut menjawab pertanyaan tersebut dengan nada terlihat sedikit kesal. 

"Ini siapa juga gue gak tau. Tolong biasain sopan perkenalan diri dulu," jawab HRD. 

Setelah itu HRD meminta CV dan foto lengkap serta menanyakan umur kandidat. Tetapi siapa sangka si kandidat tersebut rupanya mengurungkan niat untuk melamar kerja akibat HRD mengatakan dirinya tidak sopan. 

"Sebelumnya saya mau jelasin ya kak, segi tata bahasa saya gak sopan dari mananya ya? Saya rasa masih sopan mungkin memang salahnya saya gak perkenalan diri dari awal, sebelumnya saya sangat terima kasih kalau kakak mau lihat CV saya, tapi maaf saya mengurungkan diri untuk apply di tempat kakak, makasih untuk waktunya," sambung si pelamar. 

Work! Cw // nganggur , pengangguran Wajar gaksi hrd kyk gini? Gue tau gue salah dr awal cuma lupa pengenalan diri doang pic.twitter.com/ibMbPkDj5d

— Baca Rules (bit.ly/worksfess) (@worksfess) September 18, 2022

Percakapan tersebut pun ramai menjadi perbincangan warganet lainnya. Sikap pelamar tersebut juga menjadi sorotan. 

"Gini ni kelakuan, kamu yang butuh kerja tapi egonya selangit. HRD juga nilai manner kali sist. Udah salah ngotot pula," tulis akun @dy****. 

Bahkan warganet lain juga ada yang mengatakan pelamar tersebut memang tidak sopan. 

"Udah dari awal gak sopan, dikasih tau malah ngambek dan gak jadi. Bebal amat jadi orang. Gua sih malu kalo jadi temennya yang koneksiin. Ranah profesional ama sehari-hari aja lu gak bisa bedain. Tipe yang kek gini paling kalo ada kerjaan numpuk dikit ngeluhnya udah ama seluruh dunia," cuit akun @kata****. 

Salah satu recruiter memberikan tanggapan jika HRD tersebut juga terlalu frontal. 

"Menurut gua, sender emang kurang sopan tiba-tiba langsung chat kayak gitu, tapi seharusnya HR-nya juga jangan balas frontal gitu. Better tanggepin biasa aja, kalo lu emng gak suka sama cara kandidatnya tersebut karena attitudenya, ya nanti gak usah diterima," imbuh akun @nitalusian****. 

Ia juga menambahkan saran bagi para kandidat untuk membiasakan diri menggunakan bahasa yang sopan dan mengirim pesan di jam kerja. 

Hingga saat ini unggahan tersebut telah di-retweet sebanyak 345 kali dan mendapat lebih dari 3,7 ribu like.[]

Sumber : akurat.co
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Klik disini untuk mengikuti akun Google News kami agar Anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya.
Komentar
Berita Terkait
Terpopuler Hari Ini