Cak Imin tuduh pemerintah abai terhadap nasib petani di Indonesia dalam debat Pilpres 2024 keempat

Tuesday, 23 January 2024
Cak Imin tuduh pemerintah abai terhadap nasib petani di Indonesia dalam debat Pilpres 2024 keempat
Cak Imin tuduh pemerintah abai terhadap nasib petani di Indonesia dalam debat Pilpres 2024 keempat


LOMBOK INSIDER - Muhaimin Iskandar atau biasa dipanggil Cak Imin, Cawapres nomor urut satu menyampaikan visi misinya dalam debat keempat Pilpres 2024.

Saat debat keempat Pilpres 2024 berlangsung, Cak Imin menyinggung soal pemerintah yang tidak memperhatikan nasib seorang petani dan nelayan di Indonesia.

“Hari ini kita menyaksikan negara dan pemerintah abai terhadap nasib petani dan nelayan kita,” ujar Cak Imin, dikutip indonesiatoday.co.id dari kanal Youtube @medcomid pada Selasa (22/1/2024).

Baca Juga: Mudah dan simple! Ternyata ini resep cara membuat Nasi Uduk Rice Cooker, rasanya sedap dan wangi banget

Lalu Cak Imin mengatakan luas lahan yang dimiliki petani Indonesia itu sangat miris dan kecil sekali.

“16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektar,” kata Cak Imin.

Kemudian Cak Imin menilai bahwa program pengadaan pangan nasional melalui food estate itu terbukti mengabaikan petani dan masyarakat adat Indonesia.

“Food estate terbukti mengabaikan petani kita meninggalkan masyarakat adat kita, menghasilkan konflik agraria, dan bahkan merusak lingkungan kita, ini harus dihentikan,” ucap Cak Imin.

Baca Juga: Panas dan menggerahkan mending bikin Teh Tarik aja, begini resep cara membuat minuman Khas Malaysia yang enak dan segar

Cak Imin juga mengkritik kepada pemerintah yang tidak serius dalam menyikapi persoalan krisis iklim, ia membandingkan anggaran mengatasi krisis iklim itu jauh di bawah dari sektor-sektor lainnya.

"Kita melihat ada yang namanya krisis iklim tidak diatasi secara serius… Bahkan kita ditunjukkan anggaran mengatasi krisis iklim jauh di bawah anggaran sektor-sektor lainnya," terang Cak Imin.

Menurut Cak Imin, jika ingin mewujudkan keseimbangan manusia dengan alam maka harus ada anggaran untuk krisis iklim lebih besar dibanding sektor lainnya.

Cak Imin pun berjanji kalau dirinya terpilih sebagai wakil presiden, ia akan mengadakan perubahan dalam kebijakan nasional dan berpijak kepada keadilan.

Baca Juga: Makanan Khas Thailand! Begini resep cara membuat Mango Sticky Rice, rasanya legit dan teksturnya menarik

“Kita harus kembali bahwa pembangunan nasional, kebijakan nasional, harus berpijak pada yang namanya keadilan, keadilan iklim, keadilan ekologi, keadilan antar generasi, keadilan agraria, dan tentu keadilan sosial,” sambung Cak Imin.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: lombokinsider.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini