Bibir Kering: Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya!

Wednesday, 3 January 2024
Bibir Kering: Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya!
Bibir Kering: Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya!

indonesiatoday.co.id - Bibir kering sering dialami saat kondisi udara kering. Terkadang jika sudah terlalu parah juga diikuti dengan bibir pecah-pecah dan berdarah. Bibir kering dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia dan gender. Tentu saja hal ini mengganggu penampilan dan kenyamanan kita.

Bibir memiliki lapisan kulit yang lebih halus dan tipis jika dibandingkan dengan kulit lainnya. Selain itu yang membuat bibir mudah kering adalah tidak adanya kelenjar minyak untuk menjaga kelembaban bibir. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kelembaban bibir kita. Lantas apa saja penyebab umum yang kerap ditemui sebagai penyebab bibir kering?

Baca Juga: Pengalaman Treatment Facial di Navagreen Tidar Surabaya

Tiga Penyebab Utama Bibir Kering dan Pecah-Pecah

1. Cuaca

Cuaca atau udara dingin yang kering dapat menjadi penyebab utama masalah bibir kering. Udara dingin menyebabkan hilangnya kelembaban bibir dikarenakan munculnya peradangan lokal di sekitar area bibir. Selain udara dingin akibat cuaca, berada terlalu lama di ruangan ber-AC juga dapat menyebabkan bibir kering.

2. Kebiasaan menjilat bibir

Sering menjilat bibir dengan tujuan membasahi bibir agar tidak kering justru akan membuat bibir lebih kering. Hal ini dikarenakan air liur tidak dapat memberikan kelembaban pada bibir. Bibir memang akan basah karena air liur, tetapi itu hanya bertahan sementara saja.

Air liur mengandung enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan, ketika terkena udara luar akan cepat menguap dan membuat bibir kering dan mengelupas.

3. Konsumsi obat-obat tertentu

Beberapa jenis obat memang dapat membuat bibir kering, seperti golongan antibiotik, anti diare, dan antihistamin. Hal ini dikarenakan obat-obatan tersebut menurunkan kinerja kelenjar minyak maupun mengurangi produksi air liur dalam tubuh. Sehingga nantinya juga berpengaruh pada kulit bibir yang menjadi lebih kering dari biasanya.

Setelah memahami mengenai penyebab bibir kering mari Simak lebih lanjut bagaimana cara untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah!

Cara mencegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

1. Konsumsi banyak air putih

Untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, konsumsi banyak air putih dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Tercukupinya kebutuhan air dapat memberikan kelembaban dari dalam tubuh sehingga bibir kering dan pecah-pecah dapat teratasi.

2. Gunakan lip balm

Memberikan kelembaban lebih pada bibir kering juga dapat dilakukan dengan menggunakan lip balm. Pasalnya, lip balm memang telah dirancang untuk mengunci kelembaban bibir.

3. Hindari cuaca dingin

Sebisa mungkin untuk menghindari cuaca dingin untuk tetap menjaga kelembaban bibir. Hindari juga ruangan ber-AC dengan suhu dingin yang kering.

4. Hindari makanan pedas

Makanan pedas akan menyebabkan rasa perih, terlebih lagi jika bibir juga mengalami pecah-pecah hingga berdarah. Makanan pedas yang terkena bibir kering dapat menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi bibir.

Itulah penjelasan terkait penyebab bibir kering sekaligus cara untuk mencegahnya. Jika cara-cara diatas telah kalian praktikkan tetapi kondisi bibir kering tidak kunjung membaik. Segera berkonsultasilah ke dokter untuk menemukan Solusi dari permasalahan tersebut.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suratdokter.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini