Terbaru Hukum & Politik Heboh & Viral Peristiwa Kesehatan Olahraga Musik & Video Unik

Berniat Memelihara Tanaman Hias? Yuk, Berkenalan dengan Berbagai Macam Aglaonema

Di saat pandemi seperti saat ini, diperlukan hobi atau kegiatan yang mampu mengalihkan perhatian kita dari kecemasan dan rasa bosan akibat berdiam diri selama di rumah saja.

Beberapa hobi seperti olahraga, memasak, menonton film, hingga merawat tanaman dapat menjadi alternatif yang pas untuk membunuh waktu dari rasa jenuh.

Merawat tanaman hias bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghibur diri sekaligus menjauhkan dari stres akibat pandemi.

Namun sebelum merawat dan membeli tanaman hias, kita perlu mencari tahu terlebih dahulu tanaman hias apa yang cocok dan sedang tren saat ini untuk dipelihara.

Salah satu tanaman hias yang sedang populer dan naik daun saat ini yaitu aglaonema atau yang lebih dikenal dengan nama sri rezeki.

Tanaman hias berbentuk daun dengan motif dan warna yang indah ini ternyata memiliki berbagai macam jenis, sehingga bisa memberikan berbagai pilihan sesuai dengan selera dan tentunya kocek masing-masing.

Macam-Macam Aglaonema

1. Aglaonema Bidadari

Aglaonema bidadari terdiri dari tiga warna di setiap lembar daunnya, yaitu didominasi warna merah muda dan sedikit kuning serta hijau muda yang menambah kecantikan dari tanaman ini.

Aglaonema bidadari dapat bertahan hidup dengan kadar cahaya matahari yang rendah dan hanya perlu disiram sebanyak dua kali dalam seminggu, sehingga perawatannya tergolong mudah.

Tanaman aglaonema bidadari akan sangat cocok diletakkan di dalam rumah, sehingga memberikan kesan segar, berwarna, dan nyaman.

2. Aglaonema Lipstik

Sesuai dengan namanya, aglaonema lipstik, tanaman ini memiliki warna merah pada pinggiran daunnya yang mirip dengan bibir yang memakai lipstik berwarna merah.

Sedangkan untuk warna yang dominan pada daunnya sendiri adalah warna hijau dengan tangkai yang kecil dan memanjang, sehingga memberikan efek anggun dan feminin saat dilihat.

Dari segi harga, aglaonema lipstik juga tergolong sangat ekonomis, yaitu harganya ada pada kisaran 20 ribuan.

3. Aglaonema Claudia

Aglaonema Claudia mempunyai permukaan warna daun yang hijau pucat dengan bagian tulang daun yang berwarna merah muda.

Dari segi komposisi, daun ini memiliki jarak yang sama rata dan ukuran daunnya pun terkesan rapi dan tampak cantik jika dilihat secara keseluruhan.

Aglaonema atau sri rezeki yang satu ini berasal dari Negeri Gajah Putih alias Thailand dan dari segi harga pun lumayan cukup tinggi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Aglaonema Cinta

Dinamakan aglaonema cinta karena memang tanaman ini mempunyai bentuk daun yang menyerupai bentuk hati.

Jenis sri rezeki yang satu ini memang banyak diincar atau dicari oleh banyak orang, karena selain bentuknya yang cantik, daunnya pun memiliki warna yang indah dan memikat mata.

Perpaduan antara warna merah muda, kuning, hijau, dan jingga mampu menghadirkan harmoni yang mengeluarkan keindahan dari tanaman ini.

Aglaonema cinta juga bisa kamu simpan dan rawat di luar maupun di dalam rumah, sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

5. Aglaonema Pride of Sumatera

Indonesia patut berbangga karena memiliki jenis aglaonema dari Sumatera.

Sesuai dengan namanya, Pride of Sumatera, tanaman ini memang berhasil membuat bangga karena telah memenangkan kontes tanaman hias di Belanda pada tahun 2002.

Aglaonema jenis ini ditemukan pada tahun 1993 di Pulau Sumatera dan hingga saat ini masih sangat diminati serta memiliki nilai jual yang tinggi.

Memiliki bentuk daun elips memanjang dengan jumlah daun yang kompak dan sangat kokoh.

Warna yang terdapat pada aglaonema pride of Sumatera ini juga teramat cantik, yaitu perpaduan warna merah muda dengan bercak-bercak hijau tua, merah, pink, serta tulang daun berwarna merah terang.

Nah, dari kelima macam jenis aglaonema tersebut, mana nih yang paling menarik perhatian kamu?

Jika masih merasa kurang dan perlu informasi lebih jauh tentang tanaman aglaonema ini, kamu dapat membaca buku Aglaonema: Sri Rezeki Pembawa Hoki.

Buku ini bisa menjadi alternatif untuk belajar lebih jauh tentang tanaman aglaonema.

Di dalam buku ini dibahas secara lengkap tentang seluk beluk tanaman aglaonema, mulai dari perawatan harian, perbanyakan, hingga mengatasi hama dan penyakit yang menyerang tanaman aglaonema.

Bagi kamu yang masih pemula dan awam akan tanaman aglaonema, buku ini merupakan panduan praktis dengan penjelasan dan isi yang mudah dimengerti.

Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan galeri foto aglaonema lokal dan Thailand, sehingga bisa menjadi bahan referensi bagi kamu untuk memilih jenis aglaonema mana yang akan dirawat.

Selamat membaca dan berkenalan dengan tanaman aglaonema!

Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 20:00 PM
Sumber: kompas.com
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Terbaru dari kompas.com
Paling banyak dibaca hari ini